Cara memperbaiki kesalahan WhatsApp Web tidak bisa membaca kode QR

Cara memperbaiki kesalahan WhatsApp Web tidak bisa membaca kode QR

Techno.id - WhatsApp saat ini menjadi platform berbagi pesan yang wajib dimiliki karena dapat digunakan untuk berkomunikasi secara pribadi maupun untuk kebutuhan profesional. Aplikasi ini juga menyediakan fitur yang memudahkan pengguna mengakses obrolan mereka di layar yang lebih besar dengan WhatsApp versi web.

Namun, ada kalanya pengguna mengalami masalah login, terutama terkait pemindaian kode QR untuk memulai WhatsApp Web. Lantas bagaimana mengatasi masalah WhatsApp Web yang tidak ada kode QR valid yang terdeteksi? Berikut cara mengatasinya.

1. Gunakan pemindai QR WhatsApp bawaan

Penting untuk diperhatikan bahwa kode QR web WhatsApp hanya berfungsi dengan pemindai kode QR bawaan, bukan dengan pemindai kode QR acak. Karena itu, pengguna harus memastikan bahwa mereka menggunakan pemindai QR bawaan dalam aplikasi WhatsApp di ponsel mereka. Jika tidak berhasil, pengguna dapat mencoba opsi lain.

2. Bersihkan lensa kamera

Terkadang, masalah pada lensa kamera juga dapat menyebabkan masalah saat memindai kode QR. Pengguna harus memastikan bahwa lensa kamera bersih dan bebas dari debu atau halangan lain yang dapat memengaruhi kualitas gambar.

3. Periksa koneksi dan kecepatan internet

Alasan lain mengapa kode QR mungkin gagal dipindai adalah karena koneksi internet yang buruk. Pengguna harus memeriksa kecepatan dan konektivitas internet mereka untuk memastikan bahwa mereka memiliki koneksi yang stabil.

Koneksi internet yang lambat dapat menyebabkan kode QR gagal dimuat, sehingga WhatsApp Web menampilkan pesan kesalahan tidak ada kode QR yang valid yang terdeteksi. Tes kecepatan cepat dapat membantu pengguna menilai kualitas jaringan mereka.

(brl/red)