Menanti gebrakan Apple di ajang WWDC 2023, inovasi apa yang bakal muncul?

Menanti gebrakan Apple di ajang WWDC 2023, inovasi apa yang bakal muncul?

Techno.id - Setelah Google I/O 2023, Microsoft Build 2023, dan Computex 2023 berlalu, kini giliran Apple yang akan memamerkan apa yang telah mereka rencanakan untuk tahun 2023 pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC). Tahun ini, tekanan yang dirasakan Apple semakin besar.

Apple mungkin telah berada di puncak rantai makanan teknologi beberapa tahun yang lalu. Namunpara pesaingnya telah mengeluarkan inovasi yang menarik baru-baru ini, mulai dari layar OLED, integrasi kecerdasan buatan (AI) dan pengalaman 3D stereoskopis yang imersif hingga solusi rumah pintar. Lantas apakah ada banyak inovasi yang akanmuncul di WWDC 2023 yang digelar 5 hingga 9 Juni 2023?

Menanti gebrakan Apple di ajang WWDC 2023, inovasi apa yang bakal muncul? foto:apple.com

Memang tidak bisa dikatakan bahwa produk Apple semakin tertinggal saat ini. Tetapi Apple perlu membuktikan kepada dunia bahwa mereka mampu keluar dari kebiasaannya meluncurkan produk turunan yang lebih mahal dan dapat mengikuti tren baru teknologi.

Apakah Apple akan benar-benar mengubah kehidupan orang seperti yang dilakukan Google dengan mengintegrasikan AI dalam segala hal? Atau seperti Acer yang mengembangkan pengalaman bermain game dengan solusi SpatialLabs-nya.

Menanti gebrakan Apple di ajang WWDC 2023, inovasi apa yang bakal muncul? foto: apple.com

Terlebih saat ini kompetisi pengembangan AI belum berakhir. Namun banyak yang setuju dengan New York Times bahwa Apple sudah kalah. Padahal Apple memiliki kesempatan sempurna untuk mengintegrasikannya dengan asisten virtualnya yang pernah menjadi terobosan, Siri, yang kini terasa seperti asisten virtual yang paling buruk karena pengalamannya yang bermasalah dan responsnya yang lambat.

Apple memang menggunakan AI untuk fitur-fitur seperti pendeteksi wajah dan pengenalan suara. SoC-nya bahkan memiliki chip mesin saraf yang bisa dimanfaatkan para pengembangnya. Namun, Apple tidak benar-benar memiliki AI generatif seperti ChatGPT. Jadi apakah Apple akan mewujudkannya di WWDC 2023, atau setidaknya mengimplementasikan AI ke dalam Siri dan Safari.

Menanti gebrakan Apple di ajang WWDC 2023, inovasi apa yang bakal muncul? foto: apple.com

Kabarnya Apple semakin agresif berinvestasi dalam AI generatif. Bisa diartikan Apple berencana akan mengejar ketertinggalannya. Kita tunggu saja gebrakan apa yang akan diumumkan Apple di ajang WWDC 2023.

(brl/red)