Apple umumkan Final Cut Pro untuk iPad OS, dirancang dengan fitur multi-touch intuitif

Apple umumkan Final Cut Pro untuk iPad OS, dirancang dengan fitur multi-touch intuitif

Techno.id - Final Cut Pro adalah aplikasi editing video non-linear yang pertama kali dikembangkan Macromedia. Sejak tahun 1999, Final Cut Pro dikembangkan Apple dan menjadi bagian dari Apple Pro Apps. Karena merupakan Apple Pro Apps, Final Cut Pro hanya tersedia di produk milik Apple saja, itupun hanya terbatas pada MacOS saja. Namun, saat ini Apple telah meluncurkan Final Cut Pro untuk sistem operasi iPadOS.

Kendati bernama Final Cut Pro, Apple menyebutkan bahwa Final Cut Pro versi iPadOS ini dirancang Apple dari nol. Final Cut Pro versi iPad OS ini memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan Final Cut Pro versi MacOS. Tidak mengherankan mengingat kedua sistem operasi tersebut digunakan di dua perangkat yang berbeda.

Apple umumkan Final Cut Pro untuk iPad OS, dirancang dengan fitur multi-touch intuitif foto: apple.com

Dilansir dari laman resmi Apple, Final Cut Pro versi di iPadOS menggunakan antarmuka yang dirancang untuk digunakan pada layar sentuh. Menurut Apple, antarmuka ini memungkinkan pengguna meningkatkan alur kerja. Hal ini karena antarmuka pada Final Cut Pro dirancang dengan fitur multi-touch yang intuitif.

Apple juga menawarkan fitur yang cukup lengkap pada Final Cut Pro versi iPadOS yang memiliki fitur standar layaknya pada aplikasi editing video lainnya. Namun Apple juga menambahkan fitur-fitur lain pada Final Cut Pro versi iPadOS ini seperti digital jog wheel, live drawing, mode pro camera, dan scene removal yang dapat menghapus background tanpa green screen. Final Cut Pro versi iPasOS ini juga mendukung penggunaan aksesoris eksternal seperti Apple Pencil, atau pun keyboard.

Apple umumkan Final Cut Pro untuk iPad OS, dirancang dengan fitur multi-touch intuitif foto: apple.com

Final Cut Pro versi iPadOS ini juga dapat merekam video secara langsung dari aplikasi. Melalui fitur bernama Pro Camera ini memungkinkan pengguna mengambil video dengan kualitas tinggi. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengatur fokus, exposure, serta white balance secara manual, memantau audio dan waktu rekam yang tersedia.

Terdapat beberapa syarat untuk menggunakan Final Cut Pro di iPad. Pertama, hanya iPad dengan chipset M1 atau M2 yang dapat menjalankan aplikasi ini. Kedua, pengguna diharuskan untuk berlangganan aplikasi ini seharga USD4.99 (atau sekitar Rp74 ribuan) perbulan.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)