Apple dikabarkan akan mengumumkan pembaruan besar Siri di WWDC 2023

Apple dikabarkan akan mengumumkan pembaruan besar Siri di WWDC 2023

Techno.id - Konferensi tahunan Apple (Worldwide Developers Conference/WWDC) tahun ini akan dimulai 5 Juni 2023. Sebelum acara tersebut digelar, sudah banyakkabar yang beredar, salah satunya pembaruan yang akan dilakukan Apple pada asisten digital Siri. Dikabarkan akan ada pembaruan besar pada Siri ini. Apa ya?

Menurut pakar Apple terkenal Mark Gurman (via akun MacRumors), ada kemungkinan Apple bakal mengumumkan bahwa frasa "Hey Siri yang digunakan untuk memicu Siri di iPhone dan perangkat lain akan disingkat menjadi Siri.

Meskipun hal tersebut mungkin tidak terdengar besar dari sudut pandang pengguna, namun ternyata membutuhkan sejumlah besar pekerjaan teknis untuk mengenali satu kata secara akurat daripada dua kata yang jauh lebih sulit. Untuk itu mesin AI Apple telah diperbarui untuk mengatasinya.

Apple dikabarkan akan mengumumkan pembaruan besar Siri di WWDC 2023 foto: developer.apple.com

Mungkin bagi sebagian orang, menghilangkan kata Hey adalah pekerjaan mudah. Namun sebenarnya hal itu adalah sebuah proyek besar. Gurman pertama kali menyebutkan soal pembaruan ini pada November tahun lalu.

Saat itu tidak jelas kapan tepatnya Hey Siri akan menjadi "Siri". Informasi lain terkait hal ini adalah integrasi Siri yang lebih dalam dengan aplikasi pihak ketiga.

Di tengah kesibukan pembaruan AI generatif yang semakin marak beberapa waktu terakhir, asisten digital seperti Siri yang memanfaatkan model AI untuk mengenali dan menafsirkan perintah suara dari pengguna sudah ada selama bertahun-tahun.

Karena itu banyak orang berharap Apple akan memberikan terobosan dan inovasi baru di ajang WWDC 2023. Sebab Siri berdasarkan teknologi yang diakuisisi Apple pada tahun 2010, kemungkinan besar akan memainkan peran penting dalam inovasi-inovasi baru tersebut.

Apple dikabarkan akan mengumumkan pembaruan besar Siri di WWDC 2023 foto: freepik.com/grinvalds

Yang jelas AI saat ini menjadi topik hangat dan tentu saja Apple tidak akan mau ketinggalan atau tertinggal, entah itu dengan Siri atau perangkat lunak lainnya.

Sebab, Google, OpenAI, dan Microsoft telah menetapkan langkah terkait AI. Rasanya Apple harus mengejar ketertinggalan tersebut. Karena itu tidak menutup kemungkinan Apple bakal mengumumkan sejumlah inovasi di ajang WWDC 2023, termasuk soal perangkat lunak dan perangkat keras seperti iOS 17 dan pengungkapan besar headset VR Apple. Kita tunggu saja!

(brl/red)