Apple luncurkan Logic Pro untuk iPad OS, dilengkapi audio mixer dengan fitur lengkap

Apple luncurkan Logic Pro untuk iPad OS, dilengkapi audio mixer dengan fitur lengkap

Techno.id - Final Cut Pro adalah aplikasi digital audio workstation dan MIDI Sequencer. Diluncurkan pertama kali pada 1993 oleh notator logic.

Saat ini Logic Pro merupakan aplikasi yang dikembangkan Apple. Aplikasi ini digunakan untuk mengedit audio maupun membuat musik. Sebelumnya, Logic Pro hanya tersedia di MacOS saja namun sekarang aplikasi ini sudah tersedia di iPadOS.

Memiliki nama yang sama dengan Logic Pro versi MacOS, Logic Pro versi iPadOS memiliki tampilan yang cukup berbeda dari saudaranya tersebut. Tidak mengherankan mengingat cara perbedaan cara penggunaan kedua sistem operasi tersebut.

Sama seperti Final Cut Pro yang juga sudah tersedia di iPadOS, Logic Pro versi iPadOS ini juga mendukung penggunaan multi-touch gesture. Multi-touch gesture pada Logic Pro ini memungkinkan gestur yang biasa digunakan pada perangkat layar sentuh seperti pinch-to-zoom dan swipe-to-scroll.

Apple luncurkan Logic Pro untuk iPad OS, dilengkapi audio mixer dengan fitur lengkap foto: apple.com

Melansir dari Apple, dengan adanya multi-touch gesture pengguna dapat menggunakan software instrumen dan berinteraksi dengan aplikasi secara lebih natural. Selain multi-touch gesture, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi ini dengan Apple Pencil maupun menggunakan Magic Keyboard.

Ada 4 hal yang menjadi daya tarik utama digital audio workstation ini. Pertama adalah Sound Browser baru yang dilengkapi dynamic filtering. Apple menganggap fitur ini akan membantu pengguna menemukan suara yang tepat. Sound browser berisikan preset plug-in, samples, dan lain sebagainya.

Kedua, Apple menyediakan instrumen dan juga plug-in efek di dalam Logic Pro versi iPadOS ini. Apple mengklaim terdapat lebih dari 100 instrumen dan plug-in dalam aplikasi ini. Ketiga, Apple menyediakan alat untuk membuat ketukan dan produksi seperti mesin drum dan lain sebagainya. Terakhir, Apple juga menyediakan Audio Mixer dengan fitur cukup lengkap.

Apple luncurkan Logic Pro untuk iPad OS, dilengkapi audio mixer dengan fitur lengkap foto: apple.com

Terdapat beberapa syarat untuk menggunakan Logic Pro di iPad. Pertama, Logic Pro hanya mendukung iPad dengan chipset A12 ke atas. Kedua, pengguna diharuskan untuk berlangganan aplikasi ini seharga USD4.99 (atau sekitar Rp74 ribu) perbulan.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)