Inilah 7 Pembaruan pratinjau pengembang Android 15 kedua, ada fitur konektivitas satelit   

Inilah 7 Pembaruan pratinjau pengembang Android 15 kedua, ada fitur konektivitas satelit   

Techno.id - Sebulan setelah merilis versi Pratinjau Pengembang pertama Android 15, Google akhirnya merilis versi Pratinjau Pengembang kedua yang membawa peningkatan kecil.

Pratinjau Pengembang Android 15 kedua sekarang tersedia untuk Pixel 6 dan ponsel yang lebih baru, Pixel Fold, dan Tablet Pixel. Seperti namanya, ini hanya ditujukan untuk pengembang dan pengotak-atik. Sementara pengguna biasa disarankan untuk tidak menginstal pembaruan baru di ponsel mereka.

Jika kamu memiliki ponsel Galaxy yang memenuhi syarat untuk mendapatkan pembaruan Android 15, pembaruan kemungkinan akan tiba pada kuartal keempat 2024. Program One UI 7.0 Beta mungkin terbuka untuk beberapa ponsel Galaxy yang kompatibel pada kuartal ketiga 2024. Lantas apa saja perubahan yang ada pada Android 15 ini.

1. Teks lebih besar dan pengarsipan aplikasi

Versi Android ini memiliki teks yang lebih besar untuk frasa 'Masukkan PIN' di layar kunci dan dukungan bawaan untuk pengarsipan aplikasi. Seperti dikutip dari akun X Mishaal Rahman (@MishaalRahman), pengguna dapat mengarsipkan aplikasi di cloud saat ruang penyimpanan ponsel penuh.

Jadi, ketika pengguna harus menginstal pembaruan firmware baru dan tidak ada cukup ruang, mereka dapat menggunakan fitur ini untuk sementara, menginstal pembaruan perangkat lunak baru, lalu menginstal aplikasi yang diarsipkan.

2. Opsi HD untuk video

Inilah 7 Pembaruan pratinjau pengembang Android 15 kedua, ada fitur konektivitas satelit foto: developer.android.com

Selain itu Google juga memperkenalkan cara untuk menggunakan ponsel Pixel sebagai webcam saat terhubung ke komputer. Namun, kualitas gambar dari kamera ponsel Pixel dalam mode webcam kurang bagus. Dengan Pratinjau Pengembang Android 15 kedua ini, Google telah menambahkan opsi HD yang menawarkan kualitas video yang jauh lebih baik, dan pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya dari layar pratinjau.

3. Kemudahan membuka laci aplikasi

Untuk ponsel Pixel, Google juga telah menambahkan opsi untuk membuka keyboard setiap kali pengguna membuka laci aplikasi. Fitur ini memudahkan untuk menemukan aplikasi atau game, dan telah disalin dari Oppo, OnePlus, Realme. Ini agak mirip dengan menggesek ke bawah untuk menemukan aplikasi di iPhone. Laci aplikasi di ponsel Pixel juga menampilkan label 'Semua Aplikasi'.

4. Berbagi audio

Inilah 7 Pembaruan pratinjau pengembang Android 15 kedua, ada fitur konektivitas satelit foto: developer.android.com

Google juga telah memperkenalkan peningkatan pada Bluetooth LE Auracast dengan Android 15 Developer Preview 2. Di menu Perangkat yang Terhubung di Pengaturan, sekarang ada fitur berlabel Berbagi Audio. Saat pengguna menyalakannya, orang dengan earphone atau speaker Bluetooth dapat terhubung ke cast audio Auracast Bluetooth, dan semua orang dapat mendengarkan audio yang diputar di perangkat. Ada juga fitur 'Play Test Sound' untuk mengonfirmasi apakah semua orang dapat mendengar audio yang diputar.

(brl/red)