Cara mudah screen mirroring perangkat Android ke TV, bisa menggunakan fitur casting bawaan aplikasi

Cara mudah screen mirroring perangkat Android ke TV, bisa menggunakan fitur casting bawaan aplikasi

Techno.id - TV dianggap lebih baik daripada smartphone untuk mengonsumsi konten audio visual karena layarnya yang besar. Tetapi bagaimana jika kamu ingin melihat foto atau menonton video yang tersimpan di ponsel di layar yang lebih besar seperti TV? Android memudahkan untuk mencerminkan (mirroring) layar ponsel ke smart TV yang kompatibel.

Bergantung pada perangkat Android yang dimiliki, kamu dapat mengandalkan salah satu metode di bawah ini untuk mirroring layarnya ke TV.

Gunakan fitur casting bawaan di aplikasi

Cara mudah screen mirroring perangkat Android ke TV, bisa menggunakan fitur casting bawaan aplikasi foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Cara termudah untuk screen mirroring ponsel ke smart TV adalah dengan menggunakan fitur casting bawaan pada aplikasi yang didukung. Misalnya, saat kamu menonton video di YouTube, kamu akan melihat ikon persegi panjang dengan logo Wi-Fi di sudutnya.

Cukup ketuk di atasnya, dan kamu akan melihat semua perangkat yang didukung yang dapat kamu gunakan untuk mentransmisikan video secara nirkabel.

Fungsi ini juga tersedia di aplikasi lain, seperti aplikasi Google Foto, VLC untuk Android, Netflix, dan lainnya. Kamu dapat menggunakan tombol ini untuk melihat gambar atau menonton video dengan cepat di layar lebar.

Mirroring perangkat Android dari aplikasi Google Home

Cara mudah screen mirroring perangkat Android ke TV, bisa menggunakan fitur casting bawaan aplikasi foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Meskipun tombol Cast di aplikasi nyaman, tidak semua aplikasi memiliki kemampuan ini. Dalam kasus seperti itu, kamu dapat dengan mudah screen mirroring ponsel dengan aplikasi Google Home. Namun, kamu perlu menyiapkan Google Chromecast atau smart TV dengan akun Google sebelum dapat melakukannya dengan lancar.

Setelah perangkat Chromecast atau TV pintar berkemampuan Chromecast ditautkan ke akun Google kamu, berikut cara mentransmisikan nirkabel dari Android ke TV.

1. Buka aplikasi Google Home dan tab Perangkat.

2. Pilih TV yang ingin dicerminkan dengan perangkat Android kamu.

3. Ketuk Transmisikan layar saya. Saat kamu mendapatkan pop-up, ketuk Transmisikan layar.

4. Sebagian besar ponsel akan meminta konfirmasi untuk mulai merekam atau mentransmisikan. Ketuk Mulai sekarang.

Dengan itu, smart TV kamu akan mencerminkan apa pun yang ada di ponsel. Setelah selesai mentransmisikan, geser ke bawah dari atas layar ponsel kamu untuk menampilkan notifikasi. Kemudian, ketuk panah bawah pada notifikasi layar Casting dan ketuk Putuskan Sambungan.

Mirroring perangkat Galaxy kamu dengan Samsung Smart View

Cara mudah screen mirroring perangkat Android ke TV, bisa menggunakan fitur casting bawaan aplikasi foto: samsung

Kamu dapat menggunakan fitur Samsung Smart View untuk mencerminkan perangkat Android jika kamu memiliki ponsel Samsung. Kamu tidak perlu menyiapkan perangkat rumah agar Smart View berfungsi. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memastikan smart TV dan perangkat Android kamu terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Kemudian, ikuti langkah ini.

1. Ketuk sakelar Smart View di panel Pengaturan Cepat ponsel Samsung kamu.

2. Tunggu Smart View untuk secara otomatis menemukan perangkat yang kompatibel di tab Phone > Other device. Pilih TV kamu dari daftar perangkat yang muncul.

3. Saat kamu mendapatkan pop-up konfirmasi, ketuk Mulai sekarang.

Kamu akan segera melihat layar ponsel kamu di TV. Menu kontrol Smart View akan bersembunyi di sisi kanan ponsel cerdas, geser tepi kanan ke kiri pada bilah alat Smart View untuk menampilkan opsi seperti video Selfie, App cast, Menggelapkan layar ponsel, Menjeda Smart View, dan Memutuskan Sambungan.

Ini adalah cara tercepat dan termudah untuk mencerminkan layar ponsel Android ke TV pintar secara nirkabel. Cara-cara tersebut di atas akan berfungsi baik kamu menggunakan perangkat Chromecast, Google TV, atau TV LG yang menjalankan webOS.

(brl/red)