9 Tips dan trik menghemat baterai ponsel Android agar bisa bertahan lebih lama

9 Tips dan trik menghemat baterai ponsel Android agar bisa bertahan lebih lama

Techno.id - Sebagian besar ponsel cerdas saat ini akan bertahan selama satu hari penggunaan dengan sekali pengisian daya. Bisa dimaklumi karena perangkat keras dan perangkat lunak ponsel cerdas saat ini membutuhkan daya baterai yang cukup besar.

Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat ponsel cerdas kamu bertahan lebih lama. Cara-cara yang bisa kamu lakukan ini sangat efektif diterapkan pada ponsel Android. Berikut caranya.

1. Perhatikan apa yang kamu tonton

9 Tips dan trik menghemat baterai ponsel Android agar bisa bertahan lebih lama foto: freepik/eyeem

Menonton film, streaming video, atau bermain game, dapat menghabiskan baterai ponsel cerdas dengan sangat cepat. Jadi jika kamu ingin menjaga perangkat tetap berdetak selama mungkin, kamu bisa menghindari membuka Netflix setiap kali punya waktu. Jika kamu seorang gamer, mungkin unduh beberapa game yang lebih ringan. Karena game seperti ini yang tidak terlalu intensif tidak akan menguras daya baterai terlalu banyak.

2. Atur kecerahan layar

9 Tips dan trik menghemat baterai ponsel Android agar bisa bertahan lebih lama foto: freepik

Jika kamu memiliki ponsel cerdas dengan tampilan yang bagus, layar adalah komponen yang cukup besar menguras daya. Karena itu segera masuk ke menu Pengaturan, lalu klik opsi Tampilan, dan kamu bisa mengubah kecerahan layar.

Layar beresolusi tinggi dapat menguras baterai, jadi jika kamu menggunakan 4K, 2K, atau HD+, kemungkinan besar dapat menurunkan versi pengaturan ini ke resolusi yang lebih rendah agar ponsel bertahan lebih lama.

Ponsel cerdas baru terkadang memiliki layar 90Hz atau 120Hz, yang menyegarkan layar berkali-kali per detik alih-alih 60Hz' standar', namun pengaturan ini juga mengurangi daya baterai dengan sangat cepat. Ponsel semacam itu memungkinkan kamu mengubahnya, jadi turunkan ke 60Hz untuk memperpanjang penggunaan perangkat kamu.

3. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

9 Tips dan trik menghemat baterai ponsel Android agar bisa bertahan lebih lama foto: freepik

Setelah selesai menggunakan aplikasi sebaiknya kamu tutup aplikasi tersebut agar tidak menyedot daya baterai. Sebab, banyak aplikasi memiliki proses latar belakang yang berjalan meskipun aplikasi tersebut tidak aktif. Jika kamu memiliki banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, hal ini dapat menyedot masa pakai baterai ponsel.

4. Matikan kecerahan otomatis

9 Tips dan trik menghemat baterai ponsel Android agar bisa bertahan lebih lama foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Seperti disebutkan di atas, tampilan yang lebih cerah menggunakan lebih banyak daya. Jadi menurunkan kecerahan dapat membuat ponsel tetap menyala lebih lama.

Namun, ponsel Android modern memiliki kecerahan otomatis, yang mengubah tampilan yang menyilaukan agar sesuai dengan lingkungan. Ini sangat berguna, tetapi jika kamu berada di area yang terang, itu akan membuat layar lebih cerah, sehingga dapat menguras baterai. Sebaiknya matikan kecerahan otomatis, jika ingin ponsel kamu bertahan selama mungkin.

5. Atur trik tampilan

9 Tips dan trik menghemat baterai ponsel Android agar bisa bertahan lebih lama foto: freepik/vector_corp

Pengaturan tampilan tidak terbatas pada resolusi dan kecepatan refresh. Ada berbagai jenis mode tampilan yang dapat memengaruhi pengurasan baterai, yang harus kamu matikan jika ingin ponsel bertahan lebih lama.

Fitur tampilan selalu aktif di ponsel cerdas telah ada selama bertahun-tahun dan itu akan menghabiskan cukup banyak baterai. Jika kamu ingin ponsel bertahan selama mungkin, matikan.

Selain itu beberapa ponsel cerdas memiliki wallpaper hidup, yang pada dasarnya merupakan latar belakang untuk ponsel yang bergerak. Fitur ini bisa berupa pola sederhana yang berfluktuasi, atau gambar bergerak yang sebenarnya, dan ini dapat menghabiskan banyak baterai. Mengubah wallpaper menjadi gambar statis akan membuat ponsel bertahan lebih lama.

(brl/red)