Cara menghapus cache di Android, bikin performa smartphone lebih ngebut

Cara menghapus cache di Android, bikin performa smartphone lebih ngebut

Techno.id - Ponsel cerdas kamu mungkin melambat, atau aplikasi tertentu membeku. Google dengan cepat mengarahkan kamu ke solusi pembersihan cache.

Namun sebelum kamu menghapus cache di ponsel cerdas, sebaiknya ketahui terlebih dahulu, apa sebenarnya cache itu? Singkatnya, ini adalah area penyimpanan data sementara untuk hal-hal yang mungkin ingin digunakan ponsel cerdas kamu di masa mendatang.

Saat kamu mengunjungi halaman web, misalnya, informasi disimpan di cache sehingga dapat dimuat lebih cepat jika kamu mengunjunginya lagi dikemudian hari.

Data yang ada di-cache dapat mencakup apa saja mulai dari file dan skrip, hingga gambar dan multimedia lainnya. Setiap aplikasi memiliki cache sendiri, dan secara keseluruhan, ini bisa menjadi cara yang berguna untuk menjaga semuanya tetap berjalan lancar.

Namun, setelah beberapa saat, semua data yang ada di-cache dapat menghabiskan cukup banyak ruang. Saat itulah kamu mungkin baru menyadari bahwa segala sesuatunya tidak berjalan semulus biasanya.

Ketika kamu telah mencapai titik ini, seringkali setelah satu tahun atau lebih, maka kamu dapat menelusuri dan menghapus banyak data cache untuk membersihkan semuanya.

Menghapus cache Android

Cara menghapus cache di Android, bikin performa smartphone lebih ngebut foto: freepik

Menghapus file yang di-cache seharusnya tidak memiliki konsekuensi negatif, namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama, kamu tidak ingin dipusingkan dengan aplikasi sistem Android.

Kedua, kamu ingin menghindari menghapus semua data atau penyimpanan aplikasi. Namun ada perbedaan antara menghapus cache, dan menghapus semua data yang disimpan untuk sebuah aplikasi.

Menghapus semua data aplikasi adalah sesuatu yang ingin kamu hindari, karena pada dasarnya akan mengatur ulang aplikasi kembali ke keadaan semula saat kamu pertama kali menginstalnya, yang berarti kamu harus masuk lagi.

Singkatnya, hindari menghapus semua data aplikasi dan tetap membersihkan cache. Satu-satunya kondisi bahwa kamu harus benar-benar menghapus semua data aplikasi adalah jika sangat membutuhkan ruang penyimpanan di ponsel, atau kamu terus mengalami bug (masalah) yang tidak dapat diselesaikan.

(brl/red)