4 Cara mempercepat koneksi internet di ponsel cerdas Android, nomor 2 cukup efektif

4 Cara mempercepat koneksi internet di ponsel cerdas Android, nomor 2 cukup efektif

Techno.id - Mungkin kamu pernah mengalami kondisi saat mengunduh sebuah file berukuran 1GB di smartphone Android, harus menunggu lama bahkan bisa berjam-jam. Yang bikin kesal, ketika unduhan hendak selesai justru muncul notifikasi "unduhan gagal" pada menit terakhir.

Kondisi ini sama menyebalkannya saat mencoba melakukan streaming film dengan teman-teman, pengalaman menonton terganggu oleh ikon pemuatan alias buffering terus-menerus.Hal ini biasanya disebabkan koneksi internet kamu yang lambat. Nah koneksi internet yang lambat di ponsel Android dapat disebabkan berbagai faktor.

Namun kamu bisa melakukan beberapa perbaikan dengan mudah. Namun, metode di bawah ini hanya untuk mempercepat internet kamu jika ada yang tidak beres. Jika semuanya berfungsi dengan baik, kamu perlu meningkatkan ke paket internet yang lebih cepat untuk mendapatkan kecepatan optimal. Berikut cara untuk mempercepat internet di perangkat Android.

1. Mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat

4 Cara mempercepat koneksi internet di ponsel cerdas Android, nomor 2 cukup efektif foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Meskipun ini mungkin tampak tidak signifikan dalam menyelesaikan koneksi internet yang lambat, tetapi opsi ini dapat meningkatkan sinyal internet secara signifikan. Alasannya terletak pada bagaimana ponsel cerdas Android memperoleh layanan internet.

Di seluruh dunia, ada banyak menara selular, termasuk beberapa di dekat lokasi kamu. Saat kamu bergerak di sekitar tempat kamu berada, ponsel cerdas akan terus terhubung ke berbagai menara seluler di sekitarnya, mencari menara yang tersedia untuk membuat koneksi internet yang cepat, sehingga meningkatkan sinyal.

Namun, ada beberapa kasus ketika ponsel cerdas Android gagal terhubung ke menara selular, kamu memerlukan beberapa intervensi untuk membangun konektivitas yang tepat. Di sinilah tindakan sederhana mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat terbukti efektif. Dengan mematikannya, ponsel cerdas menonaktifkan semua komunikasi nirkabel di perangkat, dan setelah mengaktifkannya kembali, ponsel akan menyambungkan kembali Bluetooth dan Wi-Fi serta jaringan selular, yang menghasilkan koneksi otomatis ke menara seluler terbaik yang tersedia. Opsi ini memungkinkan koneksi internet yang lebih cepat di lokasi kamu saat ini.

Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Mode Pesawat, akses Bilah Status perangkat Android kamu hanya dengan menggeser ke bawah dari atas layar. Di sana, kamu akan menemukan ikon pesawat terbang. Ketuk ikon tersebut untuk mengaktifkannya, dan tunggu sekitar 10 hingga 20 detik sebelum mematikannya kembali.

2. Kosongkan cache dan tutup tab dan aplikasi yang terbuka

4 Cara mempercepat koneksi internet di ponsel cerdas Android, nomor 2 cukup efektif foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Saat menjelajahi situs web, terutama yang sering dikunjungi, browser kamu menyimpan data untuk mempercepat waktu pemuatan untuk kunjungan di masa mendatang. Meskipun mekanisme caching ini tampaknya dapat meningkatkan kecepatan internet dengan mempercepat akses ke situs yang sudah dikenal, data web yang di-cache secara berlebihan dapat memiliki efek sebaliknya dan menghasilkan pengalaman internet yang lebih lambat karena browser kamu sekarang harus mengelola cache yang lebih besar. Begini cara menghapus cache di perangkat Android.

1. Keluar dari browser.

2. Tekan dan tahan ikon aplikasi.

3. Pilih Informasi Aplikasi.

4. Gulir ke bawah dan ketuk Hapus Data.

Memiliki terlalu banyak tab dan aplikasi browser yang aktif juga dapat membebani konektivitas data dan ponsel, yang menyebabkan penurunan kecepatan internet dan kinerja perangkat. Dalam kebanyakan kasus, ponsel kamu akan secara otomatis menempatkan tab dan aplikasi ini ke mode tidur.

Kamu dapat mencoba menutup aplikasi dan tab ini untuk melihat apakah kecepatan internet meningkat atau pengalaman menjelajah terasa lebih cepat.

(brl/red)