Cara mudah memindahkan beragam file dari iPhone ke perangkat Android

Cara mudah memindahkan beragam file dari iPhone ke perangkat Android

Techno.id - Dulu pengguna iPhone mungkin akan rumit jika harus memindahkan berbagai file yang ada di ponsel cerdas mereka ke perangkat Android. Untungnya, sekarang hal itu tidak lagi terjadi. Sebab baik Apple dan Google telah menyederhanakan proses pemindahan berbagai file dari iPhone ke Android.

Kamu dapat mentransfer data dari iOS ke Android dengan bantuan aplikasi Switch to Android yang kompatibel dengan perangkat apa pun yang menjalankan Android 12 atau lebih baru. Jika kamu beralih ke ponsel Samsung, Samsung juga menawarkan aplikasinya sendiri untuk bermigrasi dari iPhone ke Android sebagai alternatif.

Sebelum mulai, pastikan kedua ponsel sedang diisi dayanya dan telah mencapai daya setidaknya 50%. Selain itu, pastikan kamu menonaktifkan batasan aplikasi atau kontrol orang tua apa pun yang dapat mengganggu proses transfer.

Cara memindahkan kalender, kontak, dan foto dari iPhone ke Android

Cara mudah memindahkan beragam file dari iPhone ke perangkat Android foto: freepik/tridsanu1984

Untuk membuat cadangan kalender, kontak, dan foto, kamu harus menginstal aplikasi Google One di iPhone, lalu masuk ke aplikasi menggunakan akun Google utama kamu. Jika kamu belum memiliki akun Google, buat akun sebagai gantinya.

Di iPhone kamu, buka aplikasi Google One dan buka Pengaturan. Kemudian pilih 'Pengaturan sinkronisasi', pilih semua area yang relevan dan ketuk tombol biru untuk membuat cadangan data kamu.

Selanjutnya, masuk ke ponsel Android baru kamu dengan akun Google yang sama. Kamu harus menemukan data kalender kamu di aplikasi Google Kalender, data kontak di aplikasi Google Kontak, dan semua foto dan video kamu di aplikasi Google Foto.

Cara memindahkan email dari iPhone ke Android

Cara mudah memindahkan beragam file dari iPhone ke perangkat Android foto: freepik/shaynech13

Bergantung pada penyedia email mana yang kamu gunakan, proses mentransfernya ke perangkat baru akan berbeda-beda. Pengguna Apple Mail dapat menambahkan akun mereka ke aplikasi Gmail menggunakan opsi 'Lainnya'. Jika perlu, lakukan pengaturan manual dengan pengaturan server mail yang tersedia di situs dukungan Apple.

Jika kamu menggunakan Gmail, cukup masuk ke perangkat Android dengan akun Google terkait, dan email kamu akan secara otomatis disinkronkan dengan aplikasi Gmail. Untuk beberapa akun Gmail, Outlook.com, Hotmail, atau pengguna Yahoo, buka pengaturan aplikasi dan temukan opsi untuk menambahkan akun.

Jika ingin mentransfer sepenuhnya ke Gmail, kamu dapat mengimpor email lama menggunakan langkah-langkah di halaman dukungan Google. Pastikan layanan email lama kamu meneruskan pesan baru ke alamat Gmail kamu agar tetap terbarui.

Pengguna Microsoft Exchange dapat memilih 'Exchange dan Office 365' di pengaturan aplikasi Gmail. Atau, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi Microsoft Outlook untuk pengalaman serupa.

(brl/red)