7 Rekomendasi aplikasi untuk kesehatan mental, konsultasi ke dokter jadi gampang

7 Rekomendasi aplikasi untuk kesehatan mental, konsultasi ke dokter jadi gampang

-

1. Riliv

7 Rekomendasi aplikasi untuk kesehatan mental, konsultasi ke dokter jadi gampang (Foto: riliv.co)

Bingung cari aplikasi yang direkomendasikan untuk kesehatan mental? Riliv bisa menjadi jawaban. Aplikasi ini menyediakan beberapa macam layanan seperti konseling, meditasi, bahkan membantu memahami kesehatan jiwa yang mendalam.

Aplikasi ini juga meyediakan sejumlah fitur yang membantu pengguna untuk memeriksa sekaligus melacak kondisi mood per hari. Fitur tersebut di antaranya Sleep Diary, Mengenali Diriku, Bangkit dari Cemas dan Takut. Untuk urusan tarif, misalnya konseling, aplikasi ini menerapkan harga relatif mulai dari Rp 60 ribu hingga Rp 100 ribu per sesi selama l 60 menit.

2. Kalm

7 Rekomendasi aplikasi untuk kesehatan mental, konsultasi ke dokter jadi gampang (Foto: Instagram @get.kalm)

Aplikasi ini menawarkan layanan konseling psikologis online gratis dengan konselor profesional bernama Kalmselor. Pengguna bisa mengakses fitur Gratitude Journal, yang telah terbukti secara ilmiah meningkatkan kesehatan diri.

Aplikasi Kalm juga menyediakan berbagai artikel ilmiah dan video terkait kesehatan mental. Bahkan aplikasi ini menawarkan musik yang memberikan efek relaksasi.

Platform ini juga menawarkan paket langganan konsultasi. Keuntungannya pengguna dapat berbicara denganahli tanpa batas dan mendapatkan beberapa fitur lanjutan. Harga paketnya sendiri mulai dari Rp 33.000 per hari.

3. Halodoc

7 Rekomendasi aplikasi untuk kesehatan mental, konsultasi ke dokter jadi gampang (Foto: Halodoc.com)

Aplikasi Halodoc sudah sangat popular sebagai platform kesehatan. Aplikasi ini menawarkan konseling kesehatan jiwa dengan bantuan puluhan psikolog dan psikiater profesional. Harga layanan Halodoc selalu bervariasi, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 350.000.

Halodoc juga menawarkan kuis kesehatan mental dalam bentuk kuesioner. Hasilnya nantinya dapat menjadi pedoman bagi konselor untuk memberikan penanganan klien yang tepat.

4. NiceDay

7 Rekomendasi aplikasi untuk kesehatan mental, konsultasi ke dokter jadi gampang (Foto: Niceday.app)

NiceDay yang merupakan aplikasi konsultasi kesehatan mental besutan NiceDay Healthcare Nederland. Teknologi ini dikembangkan untuk membantu pasien mendapatkan kesejahteraan dan kesehatan mental yang lebih baik. NiceDay menawarkan beragam fitur, mulai dari konsultasi harian, pengingat, hingga catatan khusus berisi resep ala psikolog. Untuk tarifnya, berada pada rentang Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per sesi konsultasi. Namun tidak jarang beberapa psikolog menawarkan sesi konseling gratis.

5. Psikologimu

7 Rekomendasi aplikasi untuk kesehatan mental, konsultasi ke dokter jadi gampang (Foto: psikologimu.co)

Psikologimu dirancang untuk memberikan akses dan wawasan tentang kesehatan mental masyarakat. Tidak hanya itu, platform ini bekerja sama dengan beberapa psikolog berpengalaman yang selalu siap membantu klien.

6. Bicarakan.id

7 Rekomendasi aplikasi untuk kesehatan mental, konsultasi ke dokter jadi gampang (Foto: bicarakan.id)

Aplikasi ini membantu pengguna untuk bercerita dan mencurahkan semua masalah (speak up) yang dialami kepada para konselor yang open-minded, friendly, dan non-judgmental. Setiap sesi aplikasi ini terjamin kerahasiannya.

Untuk biaya konsultasi per hari sesi relatif mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 189.000, tergantung jam terbang serta metode yang dipakai tenaga profesional. Malah Bicarakan.id menjamin uang kembali 100% jika konseling kurang efektif. Aplikasi ini menyediakan beberapa program menarik seperti podcast edukasi psikologi gratis dan sesi sharing.

7. Sahabatku

7 Rekomendasi aplikasi untuk kesehatan mental, konsultasi ke dokter jadi gampang (Foto: Googleplay)

Sahabatku adalah aplikasi konseling kesehatan mental gratis yang harus kamu coba. Dilengkapi dengan puluhan psikolog dan psikiater profesional, dijamin beban masalah dan mood kamu akan segera membaik. Dengan tagline A friend in need is a friend, Sahabatku berusaha menjadi aplikasi psikologi terbaik untuk masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa dengan anggaran terbatas.

Selain menyediakan layanan konseling online, Sahabatku juga menyediakan berbagai artikel, video, dan kuis untuk membantu pengguna lebih memahami dirinya sendiri.

(brl/red)