5 Informasi yang sebaiknya tidak kamu bagikan di media sosial, bisa mengundang tindak kejahatan

5 Informasi yang sebaiknya tidak kamu bagikan di media sosial, bisa mengundang tindak kejahatan

5 Informasi yang tidak boleh dibagikan di media sosial

4. Keluhan dan kata-kata kasar

5 Informasi yang sebaiknya tidak kamu bagikan di media sosial, bisa mengundang tindak kejahatan foto: freepik/rawpixel.com

Media sosial bukanlah tempat untuk menyampaikan keluhan. Jika kamu ingin mengeluh tentang atasan, rekan kerja, atau kerabat, media sosial adalah tempat yang tidak tepat. Seseorang mungkin akan melihatnya dan memberi tahu orang tersebut, yang mengakibatkan situasi menjadi berantakan.

Saat ini sudah menjadi rahasia umum bagi perusahaan dan pemerintah untuk meninjau riwayat media sosial kamu saat melamar pekerjaan, izin, atau sejenisnya. Jangan membuat unggahan yang membuat kamu terlihat seperti orang yang buruk.

Sebagai alternatif yang lebih sehat, mengapa tidak membuat jurnal pribadi di mana kamu bisa mengomel sepuasnya? Apa pun cara yang pilih, menjaga kemarahan dari ruang publik media sosial adalah ide yang cerdas.

5. Pembelian barang baru yang mahal

5 Informasi yang sebaiknya tidak kamu bagikan di media sosial, bisa mengundang tindak kejahatan foto: freepik/kwangmoop

Banyak orang senang membagikan foto-foto mainan baru mereka di media sosial. Apakah kamu baru saja membeli ponsel, laptop, mobil, TV, perhiasan, atau apa pun, sebaiknya tidak mempublikasikan pembelian tersebut di media sosial.

Memberi tahu bahwa kamu memiliki mainan baru yang mengkilap dapat mengundang orang ingin mencurinya atau mengambil keuntungan dari kamu dengan cara tertentu.

Meskipun media sosial dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk berbagi dengan teman-teman, namun kamu harus berhati-hati untuk membagikan konten, terutama yang terkait informasi pribadi yang dapat membuka peluang bagi serangan terhadap keamanan. Sebaiknya kamu berhati-hati dengan apa yang dibagikan di media sosial.

(brl/red)