Simak 3 Manfaat menggunakan file foto JPEG 2000, bisa untuk media sosial hingga format cetak

Simak 3 Manfaat menggunakan file foto JPEG 2000, bisa untuk media sosial hingga format cetak

Techno.id - Kamu mungkin sudah tahu tentang format gambar (foto) JPEG. Hampir semua orang tahu tentang format foto JPEG, meskipun mereka tidak memiliki minat khusus dalam fotografi.

Tetapi, pernahkah mendengar tentang JPEG 2000? File JPEG 2000 cukup langka dibanding JPEG dan PNG. Tetapi jika ingin gambar kamu memiliki kualitas yang lebih tinggi, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan format ini. Ada beberapa manfaat menggunakan format file ini.

Manfaat menggunakan File JPEG 2000

Apabila kamu berbagi foto secara online, biasanya ukuran foto asli kamu akan dikompres oleh aplikasi yang kamu gunakan untuk berbagi foto. Itu sebabnya, setelah mengunggah foto ponsel cerdas ke media sosial, foto tersebut terlihat lebih pixelated ketika kamu memperbesarnya.

Berbeda dengan file JPEG 2000 sebagai versi JPEG yang berkualitas lebih tinggi yang tidak akan kehilangan ukuran. Hanya saja file JPEG 2000 lebih sulit digunakan secara online daripada JPEG, yang jauh lebih portabel.

Meskipun demikian, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan JPEG 2000, yang akan disimpan sebagai ekstensi jpf dalam beberapa situasi. Lantas di mana saja kamu bisa menggunakan format JPG 2000?

1. Unggahan media sosial

Simak 3 Manfaat menggunakan file foto JPEG 2000, bisa untuk media sosial hingga format cetak foto: unsplash/erik lucatero

Ketika kamu memposting foto di media sosial seperti Instagram dan X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), foto akan dikompres dan karenanya kehilangan kualitas. Kamu bisa mengurangi sebagian besar masalah ini dengan mengunggah file JPEG 2000.

Mengingat file JPEG 2000 sering kali menghabiskan 10+ megabyte data, mungkin akan bermasalah dengan batas ukuran file di beberapa platform. Selain itu, memposting JPEG 2000 ke Instagram lebih baik dilakukan dari ponsel cerdas daripada di komputer.

2. Wallpaper smartphone

Simak 3 Manfaat menggunakan file foto JPEG 2000, bisa untuk media sosial hingga format cetak foto: freepik

Wallpaper smartphone jauh lebih mudah disesuaikan daripada sebelumnya, dan kamu mungkin ingin menggunakan beberapa gambar yang telah diambil sebagai latar belakang. Ketika memilih wallpaper ponsel cerdas, kamu pasti menginginkan gambar yang jernih.

JPEG 2000 adalah pilihan file yang sangat baik jika kamu menginginkan latar belakang ponsel cerdas yang tajam. Untuk memastikan bahwa semuanya terlihat sebagaimana mestinya, pastikan kamu juga mengkrop dalam format 16:9.

3. Cetak

Simak 3 Manfaat menggunakan file foto JPEG 2000, bisa untuk media sosial hingga format cetak foto: freepik

Format JPEG 2000 sangat baik untuk dicetak. Mungkin foto kamu akan digjunakan sebagai poster atau akan dimuat di majalah. JPEG 2000 bisa menjadi cara yang bagus untuk memastikan bahwa gambar kamu berkualitas tinggi.

File JPEG 2000 sangat berguna dalam beberapa skenario fotografi. Hanya saja JPEG 2000 seringkali menjadi format file foto yang tidak dieksplorasi secara maksimal.

(brl/red)