5 Fitur Android yang terinspirasi iOS, dari gesture navigation hingga badge notifikasi

5 Fitur Android yang terinspirasi iOS, dari gesture navigation hingga badge notifikasi

Techno.id - Jika membahas dua sistem operasi (OS) antara Android dengan iOS, selalu saja muncul perdebatan di antara pengguna. Pembahasannya di sekitar orisinalitas dan ekslusifitas. Ada juga yang memperdebatkan soal fitur pada masing-masing OS tersebut. Padahal, ngomongin fitur, keduanya punya kemiripan.

Kedua OS ini berkembang dalam jalur yang paralel dengan garis batas yang jelas. Android dan iOS tidak akan pernah bersentuhan. Sama seperti ketika kita membahas Samsung Galaxy S23 dengan iPhone 14. Keduanya pasti memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Namun jika berbicara fitur, tahukah kalian kalau kedua OS ini sebenarnya saling menginspirasi satu sama lain. Berikut, 7 fitur Android yang disebut-sebut terinspirasi dari iOS. Sebagai catatan, fitur yang akan dijelaskan merupakan fitur standard dari Android bukan yang ditambahkan pengembang atau produsen smartphone.

1. Gesture Navigation

5 Fitur Android yang terinspirasi iOS, dari gesture navigation hingga badge notifikasi (Foto:androidcentral.com)

Gesture Navigation pertama kali diperkenalkan pada Android 9 di tahun 2018. Fitur ini sebenarnya sudah jamak ditemukan di smartphone terbaru. Fitur ini menggunakan gestur layar sebagai perintah input. Misalkan, mengusap layar dengan tiga jari secara bersamaan ke bawah untuk screenshot, atau sekedar mengusap bagian bawah layar ke atas untuk membuka recent apps.

Sebenarnya, fitur ini sudah tersedia di berbagai smartphone Android sebelum iOS. Tapi, Apple merupakan yang pertama kali menambakan fitur ini pada sistem iPhone X yang rilis tahun 2017. Sedangkan, Android baru menambahkan fitur ini sebagai standard pada Android 9 setahun kemudian.

2. Privacy dots

iOS memang dikenal dengan privasi dan keamanan data. Hal tersebut sering menjadi alasan kenapa orang membeli iPhone. Tapi apa itu privacy dots?.

Privacy Dots akan memunculkan titik (dots) dalam layar iPhone apabila aplikasi yang digunakan melakukan perekaman gambar dan suara. iOS pertama kali memperkenalkan fitur ini pada iOS 14. Setelah itu, fitur seperti ini ditambahkan dalam Android 12 yang rilis pada 2021.

3. DND (Did Not Disturb)

5 Fitur Android yang terinspirasi iOS, dari gesture navigation hingga badge notifikasi (Foto:droid-life.com)

Seperti namanya, fitur ini memastikan pengguna tidak terganggu. Fitur ini biasanya mematikan nada dering, mengubah mode smartphone menjadi hening, mematikan telepon secara otomatis, dan lain sebagainya. Fitur ini sangat berguna jika kalian sedang fokus melakukan sebuah pekerjaan dan tidak ingin terganggu notifikasi.

Apple yang pertama kali menyediakan fitur DND yang dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan atau preferensi. Contohhnya: jika DND aktif, maka smartphone dalam kondisi hening kecuali ketika ada telepon masuk.

4. Screen Recorder

Screen Recorder merupakan fitur yang digunakan untuk merekam aktivitas yang terjadi di layar smartphone. Fitur screen recorder di Android baru tersedia sebagai fitur standar pada tahun 2020 saat perilisan Android 11.

Sebelumnya, fitur screen recorder merupakan fitur pihak ketiga yang terkadang memerlukan akses root dan belum menjadi fitur standar. Apple memperkenalkan fitur ini sebagai fitur standar iOS 11 pada tahun 2017. Sedangkan, Android baru menghadirkan fitur ini sebagai fitur bawaan pada Android 11 tahun 2020.

5. Badge Notifikasi

Badge Notifikasi menampilkan titik kecil dengan angka yang menunjukkan jumlah notifikasi yang belum terbaca. Badge tersebut biasanya terletak di pojok kanan atas ikon aplikasi. Fitur ini sudah diterapkan Apple pada iOS sejak lama. Namun, Android baru memiliki fitur ini pada Android 8 yang rilis tahun 2017.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)