4 Fakta dan mitos baterai smartphone, fakta nomor tiga sering diabaikan

4 Fakta dan mitos baterai smartphone, fakta nomor tiga sering diabaikan

Techno.id -

Daya tahan baterai smartphone adalah salah satu keluhan terbesar dari para pengguna saat ini. Meskipun ada beberapa perangkat entry-level dan kelas menengah yang berfokus pada daya tahan baterai yang kuat, smartphone flagship sebagian besar berfokus pada pengintegrasian CPU yang kuat, layar resolusi tinggi yang luar biasa, dan pengalaman kamera yang lebih baik.

Nah dengan kekhawatiran yang berpusat pada daya tahan baterai, beberapa rumor palsu dan fakta serta mitos baterai smartphone beredar di kalangan pengguna. Meskipun teknologi pengisian daya ponsel pintar telah berkembang dengan Quick Charge dari Qualcomm dan teknologi eksklusif seperti Dash Charge dari OnePlus, perkembangan teknologi baterai ponsel pintar tetap stagnan sejak peralihan ke teknologi Lithium-Ion (Li-Ion).

Sekarang, masih ada beberapa mitos seputar baterai lithium-ion yang dipercaya pengguna awam. Misalnya, haruskah selalu mengosongkan baterai sepenuhnya dan kemudian mengisinya hingga 100%? Dapatkah aplikasi penghemat baterai meningkatkan masa pakai baterai?

Dalam artikel ini, Techno.id membuat daftar beberapa mitos popular yang terkait baterai smartphone dan menunjukkan fakta-fakta yang sebenarnya,

Mitos baterai smartphone

4 Fakta dan mitos baterai smartphone, fakta nomor tiga sering diabaikan foto: freepik/lashkhidzetim

1. Lebih baik mengisi daya smartphone setiap saat dari nol hingga 100% untuk menjaga masa pakai baterai

Ini adalah anggapan yang salah. Baterai Li-ion modern sangat bagus dalam hal kalibrasi dan karenanya sebagian besar dapat diisi sesuai dengan kebiasaan pengisian daya kamu. Sebaiknya kalibrasi baterai setelah pembaruan OS besar.

2. Mengisi daya smartphone secara berlebihan dapat membahayakan baterai hingga merusaknya

Salah. Memang disarankan untuk mengisi daya ponsel hanya sampai tingkat tertentu. Setelah baterai ponsel kamu terisi hingga 100%, pengisi daya akan mati secara otomatis. Teknologi baterai kemudian cukup pintar untuk mengetahui dengan tepat kapan harus memulai kembali koneksi pengisi daya.

3. Semua aplikasi penghemat baterai membantu menghemat baterai

Ini adalah kesalahpahaman besar lainnya. Sebagian besar aplikasi penghemat baterai pada dasarnya adalah pembunuh aplikasi yang menghentikan aplikasi secara acak di latar belakang.

Aplikasi penghemat baterai ini mungkin menyebabkan lebih banyak kerugian daripada manfaatnya. Hal ini terjadi karena CPU wakelock terganggu hanya untuk memulai aplikasi lagi setelah ditutup penghemat baterai.

Namun, ada beberapa aplikasi luar biasa seperti Greenify yang secara teoritis bekerja dengan cara yang berbeda bergantung pada hibernasi aplikasi dan dengan demikian membantu meningkatkan kinerja secara keseluruhan serta mengurangi beban pada baterai.

4. Aplikasi penghemat baterai tertentu dengan 'penguat pengisian daya' membantu mengisi daya perangkat lebih cepat

Salah. Tidak ada aplikasi yang dapat mempercepat pengisian daya secara signifikan. Ini adalah fitur yang bergantung pada perangkat keras yang tidak dapat ditiru. Satu-satunya cara yang memungkinkan adalah jika aplikasi tersebut menutup aplikasi yang boros sumber daya di latar belakang.

(brl/red)