3 Masalah baterai smartphone Android yang sering terjadi, begini cara mengatasinya

3 Masalah baterai smartphone Android yang sering terjadi, begini cara mengatasinya

Techno.id - Smartphone berbasis sistem operasi Android saat ini paling banyak digunakan. Selain banyak aplikasi yang dapat membantu pengguna, Android juga memiliki pembaruan yang tidak serumit iOS.

Namun, smartphone Android juga rentan terhadap berbagai masalah. Tetapi secara umum, masalah Android cenderung merupakan masalah sementara yang relatif mudah diselesaikan.

Sebagian besar pengguna paling sering mengalami masalah kehabisan baterai. Berikut masalah baterai yang sering dialami smartphone Android.

1. Pengurasan baterai yang berlebihan

3 Masalah baterai smartphone Android yang sering terjadi, begini cara mengatasinya foto: freepik/rawpixel.com

Salah satu masalah paling umum yang mungkin kamu alami adalah baterai habis secara tiba-tiba dan tak terduga. Kondisi ini terjadi karena berbagai alasan. Biasanya, pemecahan masalah cukup dengan menemukan proses yang bermasalah dan memaksanya untuk berhenti.

Cara memperbaiki baterai yang cepat habis

1. Masuk ke pengaturan ponsel dan pilih menu baterai.

2. Statistik masa pakai baterai untuk perangkat Samsung ada di bawah Perawatan Perangkat. Sementara banyak produsen lain menyimpannya di menu Pengaturan di bawah Baterai.

3. Kamu dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan baterai di bawah Penggunaan Baterai Menurut Aplikasi. Proses yang bermasalah seharusnya ada di bagian atas daftar.

4. Kamu memiliki tiga opsi. Bisa me-reboot ponsel dan melihat apakah itu menghentikan masalahnya. Bisa juga dengan kembali ke Pengaturan, menuju ke bagian Aplikasi, dan menghentikan paksa aplikasi. Terakhir, kamu bisa menghapus dan menginstal ulang aplikasi untuk melihat apakah hal tersebut dapat menghentikannya.

5. Mungkin ada proses sistem yang menyebabkan pengurasan baterai yang berlebihan. Jika itu masalahnya, kamu masih bisa menutup paksa proses tersebut dengan masuk ke bagian Aplikasi pada Pengaturan. Tekan tombol menu tiga titik, dan pilih Tampilkan Aplikasi Sistem.

6. Temukan proses yang bermasalah dan tutup paksa. Selain itu, pilihan terbaik adalah memeriksa Play Store untuk pembaruan aplikasi, pengaturan untuk pembaruan sistem.

2. Terlalu panas

3 Masalah baterai smartphone Android yang sering terjadi, begini cara mengatasinya foto: freepik/black.salmon

Masalah overheating (terlalu panas) sering terjadi pada smartphone Android. Tidak jarang masalah ini menjadi terlalu berlebihan, terutama ketika chip berjalan lebih panas dari biasanya.

Prosesor Snapdragon 8 Gen 1, misalnya, dikenal sebagai chip yang panas, sehingga ponsel yang dilengkapi dengan prosesor tersebut akan menjadi lebih panas daripada rata-rata ketika digunakan secara berat, meskipun ini sepenuhnya normal.

Lagi pula, ponsel memiliki banyak komponen yang berfungsi sebagai pendingin, jadi ponsel akan menjadi hangat saat digunakan dalam waktu yang lama.

Cara memperbaiki ponsel yang terlalu panas

1. Cabut ponsel Anda dari pengisi daya. Mengisi daya ponsel akan menghangatkannya. Jika kamu bermain game di ponsel atau melakukan sesuatu yang berat, ponsel akan menjadi lebih panas dari biasanya. Jadi, hentikan apa pun yang kamu lakukan dan cabut ponsel untuk sementara waktu untuk melihat apakah itu mendinginkannya. Jika ya, cobalah untuk menahan diri untuk melakukan aktivitas berat saat mengisi daya.

2. Nyalakan ulang ponsel. Ini akan menutup semuanya dan memulai ponsel dalam keadaan baru. Cara ini akan mendinginkan ponsel.

3. Jika tidak ada opsi sebelumnya yang berhasil, kembali ke pengaturan baterai, lihat apakah ada aplikasi yang menggunakan banyak daya baterai, dan hapus instalannya. Hal itu seharusnya bisa mengatasi masalah. Kamu kemudian dapat menginstal ulang aplikasi tersebut untuk melihat apakah aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik.

(brl/red)