6 Cara meningkatkan daya tahan baterai Android, nomor satu cukup ampuh

6 Cara meningkatkan daya tahan baterai Android, nomor satu cukup ampuh

Techno.id - Semua pemilik smartphone Android telah merasakan pahitnya bagaimana daya tahan baterai yang buruk. Tidak jarang para pengguna berusaha membuat baterai perangkat mereka bertahan lebih lama.

Namun, hampir semua smartphone tidak bisa melewati masa pakai hingga dua hari. Meskipun teknologi smartphone telah berkembang pesat, memiliki prosesor yang lebih kuat, layar yang lebih besar dan memori yang lebih besar, namun teknologi baterai sampai saat ini tidak terlalu berkembang. Karena itu hingga saat ini belum ada perbaikan dalam skala luas untuk membuat baterai bertahan lebih lama.

Alasan smartphone menguras baterai begitu cepat

6 Cara meningkatkan daya tahan baterai Android, nomor satu cukup ampuh foto: freepik/e.tisomboon

Komponen yang dipasang pada smartphone menjadi penyebab baterai perangkat terkuras dengan cepat. Sebut saja layar, dalam banyak kasus merupakan penguras daya terbesar dari semuanya. Bahkan dengan Super AMOLED dan teknologi lainnya, komponen ini masih merupakan penguras daya terbesar.

Selain itu, prosesor dan memori juga merupakan penguras daya yang besar. Belum lagi Wi-Fi yang juga berperan dalam menguras daya ponsel. Smartphone membutuhkan aplikasi yang juga memerlukan daya baterai.

Cara meningkatkan daya tahan baterai Android

Jika kamu ingin meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android, ada beberapa trik yang bisa kamu coba. Namun, cara ini tidak akan membuat ponsel bertahan dalam jangka waktu yang lama, tetapi dapat memberi beberapa jam masa pakai baterai ekstra.

1. Jaga kecerahan layar

6 Cara meningkatkan daya tahan baterai Android, nomor satu cukup ampuh foto: freepik/jcomp

Mengetahui bahwa layar adalah penguras baterai terbesar, menjaganya agar sedikit lebih redup daripada pada kapasitas penuh akan memberi kamu daya tahan baterai ekstra. Jika kamu menggunakan kecerahan layar otomatis, maka juga akan berkontribusi pada penggunaan daya baterai.

Sebab, pada kondisi lingkungan sekitar gelap, maka layar smartphone akan menyesuaikan untuk lebih terang dan itu akan membutuhkan banyak daya.

2. Gunakan Wi-Fi

6 Cara meningkatkan daya tahan baterai Android, nomor satu cukup ampuh foto: freepik

Koneksi data menguras daya yang besar, jadi dengan mematikannya akan memberi kamu lebih banyak daya tahan baterai. Terlebih jika layanan selular di daerah kamu lemah maka akan semakin menyedot daya baterai. Kokeksi yang lemah akan membuat smartphone terus mencari sambungan layanan yang membutuhkan lebih banyak daya baterai. Sebaiknya kamu gunakan sambungan Wi-Fi untuk menghemat baterai.

3. Matikan Bluetooth dan GPS

6 Cara meningkatkan daya tahan baterai Android, nomor satu cukup ampuh foto: freepik/mar fernandez

Jika kamu tidak menggunakan Bluetooth atau GPS, lebih baik matikan saja. Meskipun kedua fitur ini bukan penyedot daya baterai yang besar dan GPS hanya berfungsi ketika menggunakan aplikasi yang membutuhkannya seperti Google Maps, namun keduanya dapat berkontribusi menguras baterai.

4. Jangan gunakan peringatan getar

6 Cara meningkatkan daya tahan baterai Android, nomor satu cukup ampuh foto: freepik/jcomp

Getar pada smartphone diakibnatkan adanya motor kecil yang berputar. Motor ini menghabiskan banyak daya. Sebaiknya gunakan peringatan audio untuk meningkatkan daya tahan baterai.

5. Tutup aplikasi latar belakang

6 Cara meningkatkan daya tahan baterai Android, nomor satu cukup ampuh foto: freepik

Aplikasi yang berjalan di latar belakang setelah kamu menutupnya memungkinkan ponsel memuatnya dengan cepat ketika kamu mengaksesnya lagi. Tetapi aplikasi yang berjalan di latar belakang ini menghabiskan memori, dan juga daya tahan baterai. Sebaiknya hapus aplikasi yang berjalan di latar belakang.

6. Jangan gunakan wallpaper animasi

6 Cara meningkatkan daya tahan baterai Android, nomor satu cukup ampuh foto: freepik/vecstock

Gunakan latar belakang hitam. Karena cara kerja layar LED, ketika gambar hitam ada di layar, LED kecil dimatikan, sehingga menghemat daya. Sementara jika kamu menggunakan wallpaper animasi maka akan membutuhkan banyak daya baterai untuk menjalankannya.

(brl/red)