Begini fungsi fitur Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan pada iPhone

Begini fungsi fitur Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan pada iPhone

Techno.id - Apple merancang fitur Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan untuk mengurangi keausan dan meningkatkan masa pakai baterai. Fitur ini akan mengurangi tekanan pada baterai ponsel dengan menjaganya tetap terisi daya pada 80% saat kamu tidak menggunakannya dalam waktu lama.

Fitur Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan juga menunda pengisian daya penuh beberapa saat. Fitur pencegahan ini diaktifkan secara default dan direkomendasikan untuk meningkatkan masa pakai baterai.

Saat kamu mematikan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan, iPhone akan mengisi daya langsung ke 100% tanpa jeda pada 80%. Kamu dapat mematikan mode yang dioptimalkan, tetapi Apple menyarankan tetap mengaktifkannya untuk memperlambat penuaan baterai.

Apakah pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan baik atau buruk?

Begini fungsi fitur Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan pada iPhone foto: freepik/miglagoa

Baterai lithium-ion dapat menurun lebih cepat ketika terisi penuh dalam waktu yang lama dan menjadi panas. Bahkan pengisian daya yang sedikit membuat baterai bekerja lebih keras untuk mempertahankan daya 100%. Karena itu fitur Pengisian Baterai yang Dioptimalkan perlu diaktifkan.

Namun apakah selalu menggunakan fitur ini aman? Fitur Pengisian Baterai yang Dioptimalkan perlu mempelajari kebiasaan pengisian daya harian kamu. Fitur ini tidak akan berfungsi jika kebiasaan pengisian daya yang kamu lakukan tidak menentu.

Jadi kamu dapat mematikan fitur Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan jika kamu memiliki jam tidur yang tidak teratur atau tidak terbiasa mengisi daya ponsel semalaman.

Selain itu fitur ini juga menggunakan pelacakan lokasi untuk aktif secara otomatis di tempat-tempat di mana kamu menghabiskan sebagian besar waktu dan kemungkinan besar kamu akan terus menancapkan ponsel pada pengisi daya untuk waktu yang lebih lama.

Cara mematikan fitur Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan jika kamu tidak membutuhkannya

Begini fungsi fitur Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan pada iPhone foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Pilih Baterai dengan mengusap ke bawah daftar.

3. Pilih Kesehatan Baterai untuk membuka layar berikutnya.

4. Geser tombol Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan untuk menonaktifkan pengaturan default. Untuk mengaktifkannya, alihkan kembali ke posisi hijau.

5. Pilih Matikan Sampai Besok atau Matikan tergantung pada preferensi kamu.

(brl/red)