4 Alasan mengapa dimensi ponsel cerdas saat ini semakin besar   

4 Alasan mengapa dimensi ponsel cerdas saat ini semakin besar   

Techno.id - Saat ini hampir semua ponsel cerdas memiliki dimensi dan tampilan yang jauh lebih besar dibanding 10 tahun lalu. Bahkan untuk ponsel cerdas yang menggunakan embel-embel pro bisa lebih besar lagi.

Bukan tanpa alasan mengapa produsen smartphone membuat ponsel cerdas semakin besar. Salah satu penyebabnya adalah preferensi pengguna yang menuntut satu perangkat ponsel bisa digunakan untuk berbagai aktivitas digital. Berikut beberapa alasan mengapa ponsel cerdas saat ini memiliki dimensi yang lebih besar.

1. Ponsel kecil kurang laku

4 Alasan mengapa dimensi ponsel cerdas saat ini semakin besar foto: freepik/pakhnyushchyy

Setiap kali sebuah perusahaan meluncurkan ponsel versi kecil di samping model yang lebih besar, ponsel tersebut bisa dikatakan tidak laku. Kondisi ini bahkan berlaku untuk Apple, sebuah perusahaan dengan semua pengaruh dan pengenalan merek yang dinginkan pengguna.

Sebut saja iPhone 13 Mini, meskipun disukai sejumlah kalangan, namun hanya terjual sebagian kecil dari iPhone 13 biasa dan iPhone 13 Pro. Ponsel tersebut tidak terjual sebaik model regulernya. Setelah mencoba selama dua tahun berturut-turut, Apple akhirnya membatalkan lini Mini.

Fenomena ini menjadi pembuktian. iPhone dulunya lebih kecil dari ponsel Samsung Galaxy dan perangkat Android lain. Mendapatkan layar yang lebih besar adalah alasan pengguna untuk memilih ponsel Android daripada iPhone. Apple akhirnya merespons dengan tampilan yang lebih besar sejak iPhone 5 dan 6. Tren tersebut berlanjut hingga sekarang dan pengguna bisa mendapatkan layar iPhone yang besar.

2. Cara menggunakan ponsel telah berubah

4 Alasan mengapa dimensi ponsel cerdas saat ini semakin besar foto: freepik/rawpixel

Saat ini ponsel cerdas bukan sekadar telepon untuk berkomunikasi menggunakan suara atau teks. Bahkan, kini melakukan panggilan adalah salah satu hal paling langka yang dilakukan orang dengan ponsel mereka.

Kini smartphone tak ubahnya komputer saku. Pengguna menjelajahi web di dalamnya, dan layar besar memudahkan untuk melihat lebih banyak teks. Saat ini ponsel cerdas juga merupakan perangkat untuk menonton video.

Selain itu ponsel cerdas juga menjadi perangkat fotografi utama. Layar besar lebih baik untuk melihat foto dan mengeditnya. Layar yang lebih besar juga lebih baik untuk bermain game.

3. Ponsel besar memiliki lebih banyak ruang untuk komponen

4 Alasan mengapa dimensi ponsel cerdas saat ini semakin besar foto: freepik/wdnetstudio

Untuk melakukan semua hal yang diinginkan pengguna dari ponsel cerdas, produsen harus mengemas lebih banyak komponen elektronik di dalamnya. Meski teknologi saat ini menjadikan komponen elektronik jauh lebih kecil dari sebelumnya, tetapi masih ada kendala fisik yang harus diatasi.

Ini bukan hanya masalah membuat prosesor dan memori lebih kecil, sementara angka pada lembar spesifikasi menjadi lebih besar. Ponsel cerdas sekarang berisi lebih banyak komponen. Fitur seperti Ketuk untuk Membayar memerlukan chip NFC.

Ponsel dilengkapi dengan GPS dan akselerometer. Pengisian daya nirkabel membutuhkan kumparan magnet. Beberapa ponsel, bahkan menyertakan lampu LED unik di bagian belakang. Ada juga bohlam yang berfungsi sebagai senter.

Kamera ponsel cerdas mungkin sangat bergantung pada pemrosesan, tetapi lensa yang lebih besar tetap memungkinkan lebih banyak cahaya dan foto yang lebih baik. Ini sebabnya kendala ukuran menjadi alasan Galaxy Z Fold yang lebih tipis memiliki kamera yang kurang mumpuni dibanding Galaxy S Ultra.

4. Ponsel yang lebih besar lebih dingin

4 Alasan mengapa dimensi ponsel cerdas saat ini semakin besar foto: freepik/fabrikasimf

Ponsel cerdas mengandalkan pendinginan pasif, dan CPU yang bertenaga membutuhkan ruang untuk menghilangkan panas. Hal ini membutuhkan ruang untuk heat sink dan aliran udara. Ini adalah bagian dari alasan mengapa ketika ponsel versi kecil diluncurkan, cenderung kurang bertenaga dibanding saudaranya yang lebih besar.

Beberapa ponsel gaming bahkan mencoba menjejalkan kipas pendingin. Ponsel yang lebih besar memungkinkan lebih banyak ruang untuk bereksperimen dengan cara membuat perangkat lebih fungsional dan lebih bertenaga sambil tetap portabel dan tentunya dapat mempertahankan suhu tetap adem menggunakan komponen pendingin.

Sebab, ponsel modern yang lebih besar saat ini, masih bisa menjadi sangat panas saat melakukan beberapa tugas seperti streaming YouTube atau bermain game. Karena itu dibutuhkan sistem pendingin yang harus dijejalkan di dalamnya.

(brl/red)