5 Fitur AI yang akan ditanam di iPhone 16 dan diklaim menjadi penantang Galaxy S24 dan Pixel 8

5 Fitur AI yang akan ditanam di iPhone 16 dan diklaim menjadi penantang Galaxy S24 dan Pixel 8

Techno.id - Apple kemungkinan besar akan membekali fitur AI generatif untuk iPhone 16. Kabarnya, adopsi teknologi kecerdasan buatan generasi baru ini untuk menantang jajaran Samsung Galaxy S24 dan Google Pixel 8, di mana keduanya dilengkapi alat AI generatif.

Meskipun terbilanmg lambat dalam mengadopsi teknologi AI, Apple tempaknya sangat serius untuk membekali perangkat mereka dimasa mendatang dengan AI generatif. Berikut beberapa AI generatif yang rencananya akan dibenamkan pada jajaran iPhone 16.

1. AI generatif untuk Siri

5 Fitur AI yang akan ditanam di iPhone 16 dandiklaim menjadi penantang Galaxy S24 dan Pixel 8 foto: apple

Apple menjanjikan Siri akan semakin pintar dengan menyuntikkannya AI generatif. Ponsel pintar seperti Pixel 8 Pro dan Galaxy S24 Ultra membenamkan AI generatif untuk diimplementasikan ke dalam aplikasi tertentu atau sebagai alat khusus, seperti Circle to Search atau Magic Editor. Sementara Apple kabarnya akan membuat model AI generatif menjadi Siri, yang dapat menjawab pertanyaan dan membuat gambar.

2. Pengeditan cerdasvideo

5 Fitur AI yang akan ditanam di iPhone 16 dandiklaim menjadi penantang Galaxy S24 dan Pixel 8 foto: apple

Magic Editor di Pixel 8 dan Generative Edit di ponsel Galaxy S24 adalah dua alat AI generatif yang kuat. Keduanya memungkinkan pengguna mengompilasi ulang foto tanpa memerlukan pengetahuan Photoshop.

Sementara Apple mulai merintis jalan dengan menggunakan AI generatif dengan video. Bayangkan dengan cerdas membuat klip dari video baik dengan menggunakan editor bertenaga AI atau hanya meminta Siri untuk membuat reels dari rekaman video. Fitur seperti itu bisa sangat berguna bagi pembuat konten.

3. Alat terjemahan

5 Fitur AI yang akan ditanam di iPhone 16 dandiklaim menjadi penantang Galaxy S24 dan Pixel 8 foto: apple

Terjemahan bahasa yang didukung AI bukanlah hal baru, tetapi AI generatif telah membantu menghadirkan terjemahan yang lebih baik dan real-time melalui ponsel seperti Pixel 8. Apple agak tertinggal dalam hal ini. Jadi masuk akal jika Apple berencana memasukkan AI generatif pada tingkat yang terperinci, dengan kemampuan untuk menerjemahkan percakapan verbal. Bahkan kabarnya Apple akan membuat Siri secara otomatis mendeteksi bahasa yang berbeda dan menyajikan tanggapan.

4. Penyaringan panggilan cerdas

5 Fitur AI yang akan ditanam di iPhone 16 dandiklaim menjadi penantang Galaxy S24 dan Pixel 8 foto: freepik/uveelena

Penyaringan panggilan dengan respons bertenaga AI yang generatif adalah sesuatu yang dapat ditawarkan beberapa ponsel Android. Jadi sudah waktunya Apple melakukan hal yang sama. Pada iPhone 15 Pro Max misalnya, Apple bisa mengenali beberapa panggilan spam berkat fitur penyaringan panggilan cerdas yang dapat memberikan tanggapan.

5. Peta lebih cerdas

5 Fitur AI yang akan ditanam di iPhone 16 dandiklaim menjadi penantang Galaxy S24 dan Pixel 8 foto: freepik

Apple Maps tidak sepopular Google Maps. Karena itu Apple berencama membenamkan fitur AI genarif ke dalam aplikasi Apple Maps sehingga pengguna dapat mengajukan pertanyaan bahasa alami ke aplikasi dan mendapatkan kembali rekomendasi dan panduan berdasarkan apa yang ingin dilihat, di mana mereka berada, waktu yang harus dihabiskan, dan anggaran perjalanan saat liburan.

(brl/red)