3 Cara mengoptimalkan smartphone Android di malam hari agar tidak mengganggu waktu tidur

3 Cara mengoptimalkan smartphone Android di malam hari agar tidak mengganggu waktu tidur

Techno.id - Ponsel cerdas adalah gadget yang membuat candu. Tak heran jika banyak pengguna yang tidak bisa lepas dari ponsel cerdas setiap hari. Bahkan banyak pengguna yang memakai ponsel cerdas secara berlebihan.

Wajar jika ponsel cerdas ibarat dua mata pisau. Di satu sisi bisa membantu produktivitas pengguna ketika digunakan secara bijak. Namun di sisi lain, ponsel cerdas juga menjadi pengalih perhatian sehingga dapat menghalangi pekerjaan sehari-hari.

Dengan aliran notifikasi dari pesan, email, dan aplikasi media sosial, pengguna akan terus-menerus terstimulasi menggunakannya. Penggunaan media sosial misalnya, dapat meningkatkan waktu layar. Selain memengaruhi produktivitas di siang hari, penggunaan ponsel cerdas yang berlebihan juga dapat berdampak negatif pada tidur pengguna.

Apalagi saat inibanyak pengguna menjadikan ponsel cerdas sebagai jam alarm default. Mereka sering meletakkan ponsel cerdas di meja samping tempat tidur di malam hari. Kondisi ini seringkali menggoda mereka untuk terus menggunakan ponsel dalam gelap, menyebabkan ketegangan mata. Meletakkan ponsel di samping tempat tidur juga dapat mengganggu tidur saat kamu mendapat notifikasi baru. Berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan ponsel cerdas Android untuk penggunaan malam hari.

1. Aktifkan fitur Jangan Ganggu untuk membungkam notifikasi yang mengganggu

3 Cara mengoptimalkan smartphone Android di malam hari agar tidak mengganggu waktu tidur foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada mendengar telepon berdengung saat kamu sedang tidur. Meskipun kamu dapat mengaktifkan mode senyap, ini akan membisukan semua notifikasi, sehingga kamu mungkin kehilangan panggilan darurat dari teman atau anggota keluarga.

Mengaktifkan fitur Jangan Ganggu adalah cara mudah untuk memfilter notifikasi, memungkinkan kamu memilih kontak mana yang dapat dihubungi. Kamu dapat mengaktifkan mode secara manual saat diperlukan atau mengubah pengaturan fitur Jangan Ganggu dan menjadwalkannya untuk menyala pada waktu tertentu setiap hari. Berikut cara mengaktifkan fitur Jangan Ganggu di Android.

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Ketuk Suara atau Suara & Getaran.

3. Ketuk Jangan Ganggu atau DND.

4. Ketuk Panggilan. Ketuk Orang, lalu pilih Panggilan.

5. Pilih apakah akan mengizinkan panggilan masuk dari semua orang, hanya kontak, hanya kontak berbintang, atau tidak siapa pun.

6. Pilih Ulangi Panggilan jika kamu ingin mengizinkan panggilan dari orang yang menelepon dua kali dalam 15 menit.

7. Jika ponsel kamu memiliki opsi, pilih Pesan dan pilih kontak mana yang dapat memberi tahu kamu.

8. Pilih Jadwalkan dan pilih hari dan waktu yang kamu inginkan agar Jangan Ganggu menyala secara otomatis.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Jangan Ganggu di ponsel dengan cepat, geser ke bawah dari atas layar untuk membuka Pengaturan Cepat, lalu ketuk ikon Jangan Ganggu (bulan sabit).

2. Beralih otomatis mode terang dan gelap

3 Cara mengoptimalkan smartphone Android di malam hari agar tidak mengganggu waktu tidur foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Mode gelap tersedia di sebagian besar ponsel cerdas Android, dan beberapa pengguna lebih suka mengaktifkannya secara permanen. Saat mode gelap diaktifkan, pengaturan ponsel, aplikasi sistem, dan banyak aplikasi pihak ketiga kamu berubah menjadi latar belakang gelap.

Meskipun ada beberapa manfaat menggunakan mode gelap di ponsel Android, latar belakang hitam dapat membuat kamu sulit membaca apa yang ada di layar. Tema terang baik-baik saja untuk penggunaan siang hari, tetapi kecerahan layar yang lebih tinggi dapat menyebabkan ketegangan mata, terutama jika kamu menggunakan ponsel dalam gelap.

Kamu dapat mengatur ponsel Android untuk secara otomatis beralih ke mode gelap di malam hari atau pada waktu tertentu dan beralih kembali ke mode terang di pagi hari. Dengan cara ini, kamu mendapatkan yang terbaik dari kedua kondisi waktu. Berikut cara otomatis beralih ke mode gelap di ponsel Android.

1. Buka Pengaturan.

2. Ketuk Tampilan.

3. Pilih Mode Gelap untuk menyalakannya secara manual.

4. Untuk mengaktifkan jadwal, ketuk Jadwal.

5. Pilih Dari Matahari Terbenam hingga Matahari Terbit untuk secara otomatis beralih ke mode gelap saat matahari terbenam.

6. Pilih Waktu Khusus jika kamu ingin memilih waktu mulai dan berakhir tertentu setiap hari.

(brl/red)