Cara mengeluarkan air dari speaker iPhone, jangan disimpan dalam beras  

Cara mengeluarkan air dari speaker iPhone, jangan disimpan dalam beras  

Techno.id - Saat musim hujan, satu hal yang paling ditakuti pengguna iPhone adalah air bisa masuk ke dalam perangkat mereka. Namun tidak sedikit juga pengguna iPhone lalai dengan membawa perangkat mereka ke tempat berair seperti kolam renang atau kamar mandi.

Meski sejumlah iPhone sudah mendukung dan memenuhi sertifikasi tahan air (Ingress Protection/IP) tetapi bukan berarti kamu bebas untuk membawa iPhone ke area yang penuh dengan air. Hal inilah yang kerap membuat air masuk ke speaker.

Kalau sudah begitu, tentu akan menyebabkan speaker bermasalah. Pada akhirnya tidak menutup kemungkinan akan merusak komponen yang lain. Untungnya, ada beberapa cara gratis dan sederhana untuk mengeluarkan air dari speaker iPhone.

1. Gunakan aplikasi shortcut pengeluaran air di iPhone

Cara mengeluarkan air dari speaker iPhone, jangan disimpan dalam beras foto: apps.apple.com

Pertama, pastikan kamu memiliki aplikasi Shortcut di iPhone. Shortcuts adalah aplikasi Apple asli, jadi jika kamu belum mendapatkannya, cukup unduh secara gratis dari App Store.

Selanjutnya, dapatkan Shortcut iPhone praktis yang disebut Water Eject. Di halaman web, ketuk Tambahkan Pintasan untuk mengunduhnya ke aplikasi Shortcut. Setelah berhasil menambahkan shortcut tersebut, berikut cara menggunakannya.

1. Buka aplikasi Shortcut dan buka tab Shortcut.

2. Ketuk shortcut Water Eject untuk menjalankannya.

3. Pilih Mulai.

4. Kamu akan diminta untuk Memilih Tingkat Intensitas. Pilih apa yang menurut kamu sesuai dengan seberapa banyak air yang mungkin masuk ke speaker iPhone. Intensitas maksimum memberikan hasil yang lebih baik.

5. Kamu sekarang akan melihat bilah volume di sisi kiri layar. Volume akan mencapai 100% dan iPhone kamu akan mulai mengeluarkan suara tertentu untuk mengeluarkan air dari speakernya.

Saat pengeluaran air selesai, kamu akan mendengar suara ding. Pada titik ini, Shortcut akan meminta kamu untuk terhubung ke situs Wikimedia. Ketuk Jangan Izinkan.

Kamu dapat memilih untuk menambahkan shortcut ke Layar Beranda jika menginginkan akses cepat jika terjadi keadaan darurat. Ketuk ikon tiga titik pada pintasan Water Eject, ketuk ikon Bagikan (kotak dengan panah), dan pilih Tambahkan ke Layar Utama.

(brl/red)