10 Fitur tersembunyi WhatsApp, bukan sekadar gimmick

10 Fitur tersembunyi WhatsApp, bukan sekadar gimmick

4. Fitur hemat data

WhatsApp mempunyai fitur menarik, yaitu dapat melakukan penghematan data. Artinya pengguna dapat memakai WhatsApp secara lancar, namun tetap hemat kuota. Caranya adalah dengan memberikan opsi ke pengguna file media mana saja yang ingin diunduh dan disimpan di perangkat. Berikut langkah bisa dilakukan, buka menu setelan > penyimpanan dan data > unduh otomatis media > saat menggunakan data seluler > kosongkan semua kotak.

Kemudian dengan langkah sama, pengguna dapat memilih opsi "saat terhubung ke WiFi" lalu pilih jenis media mana yang ingin di unduh otomatis saat mengakses WhatsApp menggunakan WiFi.

Selain itu, pengguna dapat mengatur untuk melakukan penghematan data saat melakukan panggilan suara. Namun tentu konsekuensinya pengalaman saat voice call akan terpengaruh. Caranya, buka menu setelan > penyimpanan data > geser toggle (tombol) "kurangi penggunaan data panggilan" ke kanan untuk mengaktifkan mode hemat data saat telepon via WhatsApp.

5. Melakukan checking pengeluaran data untuk akses WhatsApp

10 Fitur tersembunyi WhatsApp, bukan sekadar gimmick (Foto: Pixabay.com)

WhatsApp memiliki fitur untuk melakukan pengecekan sebagara banyak data atau kuota yang digunakan pengguna saat mengakses WA. Di dalamnya terdapat rincian seperti data untuk menerima maupun mengirim pesan. Berikut cara untuk menggunakannya buka menu setelan > penyimpanan dan data > penggunaan jaringan.

6. Memasang wallpaper khusus untuk kontak tertentu

Melalui pembaruan fiturnya, pengguna WhatsApp dapat memasang Wallpaper khusus untuk kontak tertentu. Berikut cara untuk menerapkannya, buka tab chat > pilih kontak > klik ikon menu (tiga titik di pojok kanan atas) > wallpaper > klik ubah > pilih wallpaper yang tersedia atau ambil dari galeri. Nantinya terdapat wallpaper berbeda dari kontak lainnya apabila cara ini diterapkan.

7. Bantu jaga privasi isi chat

WhatsApp memiliki fitur untuk mematikan notifikasi saat chat baru masuk. Fitur ini dapat memberikan privasi lebih, apalagi saat pengguna meminjamkan smartphone miliknya. Berikut cara menerapkannya, buka setelan > notifikasi > geser toggle ke kiri untuk menon-aktifkan opsi "gunakan notifikasi tingkat tinggi".

(brl/red)