10 Fitur tersembunyi WhatsApp, bukan sekadar gimmick

10 Fitur tersembunyi WhatsApp, bukan sekadar gimmick

8. Unduh laporan informasi akun WhatsApp

10 Fitur tersembunyi WhatsApp, bukan sekadar gimmick (Foto: Pexels.com)

Pengguna bisa mendapatkan informasi terkait data apa saja yang disimpan oleh Meta selaku developer WhatsApp. Data berupa informasi serta pengaturan akun WhatsApp pengguna. Sebagai catatan, laporan tersebut tidak menyertakan isi chat.

Caranya, buka setelan > akun > minta info akun > minta laporan.

Informasi akan diberikan setelah tiga hari pengajuan, bisa lebih cepat. Pengguna nantinya diberikan waktu beberapa minggu untuk mengunduh laporan setelah tersedia.

9. Balas chat grup via personal atau japri

10 Fitur tersembunyi WhatsApp, bukan sekadar gimmick (Foto: Pixabay.com)

Pengguna WhatsApp dapat melakukan respons suatu chat grup secara personal, atau lebih dikenal dengan "japri" ke pengirim pesan. Tentu fitur ini diterapkan untuk memberikan ruang privasi lebih kepada pengguna. Bahkan alasan utama adalah mencegah ketersinggungan pihak lain, atau isi tanggapan berupa rahasia. Jadi, pengguna tak perlu repot-repot keluar grup hanya untuk melakukan respon.

Caranya cukup mudah, tekan dan tahan (press and hold) chat yang ingin ditanggapi secara pribadi > klik ikon titik tiga di pojok kanan atas > pilih opsi "balas secara pribadi".

10. Tahu berapa lama chat dicuekin

Untuk beberapa momen, pengguna menantikan sebuah balasan dari chat yang telah dikirimkan. Terlebih isi chat terbilang penting, dan membutuhkan jawaban segera. Nah, WhatsApp memberikan fitur untuk mengetahui seberapa lama chat "dicuekin" atau diabaikan oleh di penerima pesan, meski chat telah dibaca.

Berikut cara menerapkannya, buka chat > pilih kontak yang dikehendaki > tekan dan tahan chat yang dikirim > klik ikon huruf "i" untuk melihat info, sudah berapa lama pesan dibaca.

Itulah beberapa fitur tersembunyi dari WhatsApp. Bagaimana sobat techno, apakah kamu sudah mengetahuinya? Sebagai catatan, fitur maupun cara yang digunakan di atas untuk smartphone berbasis Android. Sedangkan untuk ponsel iOS mungkin sedikit berbeda dalam cara penerapannya. Selamat mencoba!

(brl/red)