10 Fitur tersembunyi WhatsApp, bukan sekadar gimmick

10 Fitur tersembunyi WhatsApp, bukan sekadar gimmick

Techno.id - WhatsApp menjadi pelopor platform perpesanan di berbagai negara termasuk Indonesia. Aplikasi besutan Meta ini memiliki segudang fitur menarik. Mulai dari dapat dipakai untuk mengirimkan pesan atau chat, hingga bisa digunakan melakukan panggilan video secara mudah.

Meta selalu memberikan update maupun upgrade fitur untuk WhatsApp. Artinya hampir setiap tahun terdapat fitur baru untuk pengguna. Paling baru WhatsApp sudah menggelontorkan fitur avatar dan status WA audio. Wah, cukup menarik bukan?

Dapat dikatakan WhatsApp mempunyai segudang fitur menarik demi keamanan, kenyamanan, dan interaksi lebih seru. Saking banyaknya fitur, ada beberapa pengguna malah belum mengetahui fitur tersembunyi dari WhatsApp. Bahkan fitur tersembunyi dari WhatsApp bukan hanya sekadar gimmick saja, namun memiliki fungsi berguna bagi pengguna.

Lantas apa saja fitur tersembunyi dari aplikasi besut Meta tersebut? Berikut techno.id sajikan 10 fitur tersembunyi di dalam WhatsApp, yang dihimpun dari berbagai sumber, pada Sabtu (25/2).

1. Cara chat dengan keyword topik tertentu

10 Fitur tersembunyi WhatsApp, bukan sekadar gimmick (Foto: Pixabay.com)

Pengguna WhatsApp sering mencari topik pembahasan dari chat yang dikirimkan. Nah, mencarinya tentu memakan waktu lama. Namun WhatsApp mempunyai fitur untuk mencari chat dengan topik tertentu dengan kata kunci dari pengguna. Pengguna bisa mencari topik dalam sebuah chat dengan cara berikut ini, tab chat > klik search (ikon kaca pembesar) di sisi atas layar > ketik topik apa yang dikehendaki.

Pengguna juga dapat memfilter chat diinginkan. Terdapat tools filler untuk mempermudah pengguna menemukan topik bahasan dalam chat. Sebagai contoh pengguna dapat memfilter chat belum dibaca, foto, video, link, GIF, audio, dokumen, atau polling. Cukup pilih salah satu jenis filter sesuai dengan topik dikehendaki, maka pencarian akan lebih mudah.

2. Cek paling banyak habiskan ruang penyimpanan

Sebuah chat baik itu individu maupun grup dapat memakan ruang penyimpanan atau memori perangkat. Biasanya chat yang memerlukan ROM besar adalah grup kerja, keluarga, maupun kolega. Karena biasanya chat grup terdapat file berukuran besar, seperti foto, dokumen, link, dan beberapa file lain.

Nah, WhatsApp mempunyai fitur untuk mengecek chat mana paling banyak menghabiskan ruangan. Berikut cara menerapkannya, buka menu setelan > penyimpanan dan data > kelola penyimpanan > akan muncul daftar kontak dengan urutan yang paling banyak memakan ruang penyimpanan.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat menyeleksi chat memakan memori paling besar. Setelah itu, barulah pengguna dapat mengosongkan ruang dengan cara menghapus beberapa file tak terpakai dari chat.

3. Cepat menghapus semua file media dan GIF, video, stiker, dan pesan dari chat tertentu

10 Fitur tersembunyi WhatsApp, bukan sekadar gimmick (Foto: Pexels.com)

Pengguna dapat melakukan penghapusan file media, seperti foto, video, GIF, dokumen, dan sebagainya untuk akun tertentu secara mudah cepat. Bahkan tak perlu menelusuri satu per satu riwayat chat. Cukup melakukan beberapa langkah berikut ini:

Buka menu setelan > penyimpanan dan data > kelola penyimpanan > pilih kontak > kelola > pilih > centang file yang ingin dihapus atau klik kotak "pilih semua" untuk menghapus semua file dalam satu waktu > klik ikon tempat sampah.

(brl/red)