CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 7 Desember 2015 16:00

Yuk kenalan dengan jaringan super cepat 5G

Jaringan ini dikatakan 40 kali lebih cepat dibandingkan dengan teknologi 4G.

Yuk kenalan dengan jaringan super cepat 5G

Techno.id - Di indonesia teknologi jaringan 4G baru saja diperkenalkan oleh pemerintah dan beberapa perusahaan telekomunikasi. Namun beberapa waktu lalu, Negeri Sakura memberdayakan jaringan generasi terbaru yakni 5G.

Seperti apa jaringan tersebut? Jika 4G dikatakan adalah jaringan cepat yang memungkinkan Anda mengakses video dengan kualitas 4K, sedangkan 5G memiliki kecepatan internet yang lebih. Bahkan jaringan ini dapat mengakses video dengan kualitas 8K serta video 3D.

Bukan hanya itu, jaringan generasi kelima ini juga memiliki keunggulan digunakan untuk menjalankan smart home. Saking cepatnya, jaringan dikatakan 40 kali lebih cepat dibanding 4G. Bahkan untuk download sebuah film 3D Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 6 detik.

Teknologi 5G juga dipercaya memungkinkan kecepatan mencapai 100Mbps saat jaringan sedang padat-padatnya. Dengan kecepatan ini tentu saja Anda akan menikmati loading yang lebih cepat saat membuka pesan, video, dan aplikasi.

Dilansir oleh CNN.com, saat ini banyak perusahaan yang menguji jaringan 5G di frekuensi yang tinggi yang mencapai 73.000 MHz. Hal ini sangat tinggi karena saat ini jaringan yang ada di berada di frekuensi 3.500 MHz.

Karena jaringan 5G memiliki frekuensi yang tinggi, maka jaringan ini memiliki kecepatan untuk transfer data lebih cepat. Namun sayangnya, frekuensi yang tinggi memiliki jangkauan jaringan yang lebih sempit dan tidak bisa menembus dinding.

Sehingga saat jaringan ini hadir kemungkinan BTS akan lebih banyak dibangun bahkan ada BTS kecil di setiap bangunan untuk menangkap jaringan tersebut. Saat ini, standar 5G masih belum ditetapkan namun kabarnya tahun 2018 adalah penetapan standar tersebut.

WHAT TO READ NEXT ?