Operator seluler Korea Selatan luncurkan jaringan 5G pertama di dunia

Operator seluler Korea Selatan luncurkan jaringan 5G pertama di dunia

Techno.id - Korea Selatan merupakan negara yang menikmati kecepatan internet tercepat di dunia. Maka masuk akal apabila negara tersebut menjadi yang pertama untuk mendapatkan jaringan 5G. Selain itu, salah satu operator seluler (SK Telecom) yang paling banyak digunakan di sana telah mengklaim akan menjadi operator pertama di dunia yang meluncurkan jaringan 5G. Bahkan, mereka juga telah membuka pusat penelitian layanan jaringan yang diberi nama 5G PlayGround.

Jaringan 5G dari SK Telecom ini akan mengadopsi kecepatan internet hingga 19,1 gigabit per detik, di mana hampir 1.000 kali lebih cepat dari kecepatan jaringan 4G LTE (25 megabits) di Korea Selatan saat ini. Dengan kecepatan internet seperti itu, siapa saja dapat mengunduh film berkapasitas 2GB hanya dalam waktu sepersekian detik.

Salah satu operator seluler terbesar di Korea Selatan itu juga mengatakan bahwa untuk menjadi yang pertama dalam meluncurkan jaringan 5G itu tak mudah. Mereka juga harus bersaing dengan operator Verizon Wireless di Amerika Serikat yang bakal melakukan uji coba jaringan 5G pada tahun 2017 sama seperti SK Telecom.

"SK Telecom akan melakukan tes jaringan 5G pada tahun 2017. Kemudian, jaringan tersebut dapat digunakan pada tahun 2020," kata CEO SK Telecom, Chi Jin-sung, seperti yang disampaikan oleh Cnet (30/10/15).

Terkait kecepatan jaringan 5G milik Verizon, menurut perusahaan yang bersangkutan, kecepatan internetnya akan lebih cepat 30 sampai 50 kali dari jaringan 4G LTE di Amerika Serikat saat ini. Meski begitu, kecepatan tersebut belum dapat dipastikan karena sebenarnya kecepatan jaringan 5G juga tergantung pada jenis perangkat yang diujicobakan.

(brl/red)