Teknologi 5G dikembangkan, 4G aman dari gusuran

Teknologi 5G dikembangkan, 4G aman dari gusuran

Techno.id - Pengembangan teknologi telekomunikasi masih terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat tiap waktu. Teknologi 5G sebagai generasi ke-5 teknologi komunikasi sudah dikembangkan sejak beberapa tahun lalu, padahal teknologi 4G LTE (long term evolution) generasi keempat masih belum digunakan secara luas.

Ericsson yang merupakan perusahaan penyedia solusi teknologi komunikasi mengaku ikut mengambil bagian dalam pengembangan 5G. Meski begitu, perusahaan ini menyatakan teknologi 5G saat ini masih belum bisa menggantikan posisi teknologi 4G LTE yang di Indonesia baru mulai digunakan.

"Teknologi 5G sekarang ini masih dalam tahap pengembangan dan standarisasinya sedang digodok 3GPP sebagai lembaga standarisasi teknologi komunikasi dunia. Teknologinya akan berbeda antara 4G LTE dengan 5G nantinya," ujar Hardyana Syintawati, VP Marketing Communications Ericsson Indonesia.

Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa Nana itu menyebutkan bahwa 5G dikembangkan bukan hanya lagi untuk menangani kebutuhan pengguna telekomunikasi dari sisi kecepatan saja. Ia mengungkapkan bahwa teknologi mobile generasi mendatang itu bakalan dibekali dengan kecerdasan khusus supaya bisa menjawab tantangan industri telekomunikasi di masa depan.

"5G nantinya dibuat dengan kemampuan lebih baik dari sisi kemampuan jaringan. Teknologi ini dibuat untuk bisa mengenali kebutuhan penggunanya, misalnya kemampuan untuk perusahaan yang bersifat keamanan sama pengguna yang perlu kecepatan tentu lain. Nah, jaringan 5G bisa mengenali kebutuhan itu," imbuh Nana.

Teknologi 5G diharapkan akan bisa diterapkan secara luas pada tahun 2020 mendatang, Korea Selatan dan Jepang jadi negara yang sudah berkomitmen menyediakan teknologi 5G secara ke publik. Sementara proses persiapan teknologi 5G dipersiapkan, teknologi 4G diklaim akan aman melenggang ke tengah industri telekomunikasi Indonesia.

Saat ini, operator telekomunikasi di Indonesia sedang getol menggenjot penyediaan layanan telekomunikasi berbasis 4G. Akhir bulan November diharapkan layanan telekomunikasi berbasis teknologi 4G LTE di jaringan 1800 Mhz diharapkan sudah bisa tersedia secara luas di banyak wilayah tanah air melalui operator seluler.

(brl/red)