CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 19 November 2015 19:00

Kapan jaringan 5G hadir di Indonesia?

Saat operator sudah memberikan kejelasan seperti apa bisnis yang tepat untuk jaringan 5G, maka jaringan tersebut akan dihadirkan ke Indonesia.

Kapan jaringan 5G hadir di Indonesia?

Techno.id - Sebagian besar operator telekomunikasi sudah menyelesaikan tata ulang jaringan 4G LTE di frekuensi 1.800 Mhz. Namun, setelah teknologi ini hadir di Indonesia, muncul lagi yang lebih cepat yakni jaringan 5G. Teknologi tersebut, saat ini sudah menyapa pelanggan di Jepang. Lalu, pertanyaannya kapan teknologi internet 5G bisa dirasakan di Indonesia?

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, nantinya jika 5G sudah hadir di Indonesia, teknologi tersebut tidak semata-mata hanya untuk akses internet saja, melainkan juga untuk urusan bisnis juga. Jadi, sebelum masuk ke Indonesia, teknologi 5G juga harus dipersiapkan dulu bagaimana model bisnis yang bisa diterapkan pada operator telekomunikasi.

"Implementasi 5G juga harus melihat sisi lainnya. Kita harus melihat bagaimana juga sisi model bisnis sehingga bisa diimplementasikan oleh operator telekomunikasi. Pada akhirnya model bisnis yang akan menentukan," kata pria yang akrab disapa Chief RA pada acara Next Generation Broadband - 5G Forum di Jakarta, seperti yang disadur dari Merdeka (19/11/2015).

Intinya, untuk mengetahui kapan jaringan 5G bisa hadir di Indonesia, semua tergantung dari kesiapan model bisnis yang dikelola oleh operator Telco. Saat operator sudah memberikan kejelasan seperti apa bisnis yang tepat untuk jaringan 5G, maka jaringan tersebut akan direalisasikan di Indonesia.

Teknologi internet 5G sendiri, memiliki banyak keunggulan yang sudah pasti lebih baik dari 4G LTE. Kelebihan tersebut, di antaranya mempunyai kapasitas tinggi, latency rendah, dan jumlah koneksi yang lebih banyak. Selain itu, lalu lintas data jaringan 5G dalam area unit lebih besar 1.000 kali dari jaringan 4G, bahkan tingkat akses pengguna bisa meningkat 10 hingga 100 kali lipat.

WHAT TO READ NEXT ?