Truk Samsung sematkan 'layar tancap' untuk lihat situasi di depannya

Truk Samsung sematkan 'layar tancap' untuk lihat situasi di depannya

Techno.id - Banyak pengguna jalan khususnya pengendara roda empat dan roda dua mengeluhkan adanya truk gandeng dengan bak muatan yang panjang. Para pengendara merasa kesulitan mendahului truk karena pandangan mereka terhalang bodi truk yang besar dan panjang. Menanggapi hal ini, Samsung memberi solusi cerdas dengan menyematkan televisi layar lebar di bagian belakang truk miliknya.

Sekarang, para pengguna jalan tak perlu khawatir ketika hendak menyalip truk Samsung karena truk tersebut telah dibekali televisi layar lebar. Nah, televisi ini yang bakal menjadi 'mata kedua' untuk menunjukkan situasi jalan pada mobil di belakangnya. Sehingga, kendaraan yang berada di belakang truk Samsung bisa mengetahui keadaan jalanan di depannya.

Samsung menamai truknya dengan "Safety Truck" yang telah dilengkapi dengan kamera di bagian depan untuk menampilkan jalan di depan pada layar lebar di belakang truk. Langkah ini merupakan bagian dari upaya Samsung untuk mengurangi kecelakaan akibat minimnya penglihatan saat mau menyalip kendaraan yang panjang seperti truk.

Samsung mengatakan bahwa truk tersebut sekarang sudah tidak beroperasi. Namun, teknologi yang mirip layar tancap ini telah diadaptasi oleh beberapa instansi untuk dikembangkan kembali, seperti yang dilaporkan oleh Mashable (23/6/15).

Sayangnya, teknologi pada truk Samsung ini hanya benar-benar bermanfaat bila digunakan pada jalan dengan dua jalur. Soalnya, jika digunakan pada jalan multi-jalur kamera pada truk tidak bisa menangkap gambar secara menyeluruh.

(brl/red)