CONNECT WITH US
Erick |
 13 Desember 2015 15:00

Semua suku cadang Ford dibuat dengan teknologi 3D printing?

Apa alasan Ford 'membalut' semua kendaraan barunya dengan teknologi 3D printing? Berikut keterangan resmi dari mereka...

Semua suku cadang Ford dibuat dengan teknologi 3D printing?

Techno.id - Teknologi 3D printing telah banyak diterapkan dalam berbagai bidang sejak beberapa waktu lalu. Selain dinilai efisien dalam hal waktu pengerjaan, teknologi yang satu ini juga tak membutuhkan biaya produksi tinggi.

Peluang inilah yang kemudian dilirik oleh Ford sebagai salah satu raksasa otomotif dunia. Seperti yang telah diberitakan oleh Car Body Design beberapa waktu lalu, setidaknya sebanyak 500.000 part dari Ford telah menggunakan bahan ini.

Sebut saja Ford GT atau Mondeo Vignale. Ford telah menggunakan material 3d printing untuk membuat intake manifold pada mesin balap Ford GT. Belum lagi roda kemudi, beberapa panel kontrol integrasi, serta tuas perpindahan gigi.

Dalam produksinya mendatang, Ford akan semakin memperbanyak penggunaan teknologi 3d printing. Alasan di samping efisiensi adalah bobot yang jauh lebih ringan. Tentu saja, bobot yang ringan berarti kecepatan untuk mencapai top-speed juga lebih mudah dicapai.

"Teknologi 3D printing telah mengubah cara kami mendesain dan membangun kendaraan baru. kami bisa lebih kreatif dalam mencari solusi. Efeknya bagi konsumen adalah, kendaraan kami mampu beriringan dengan pemikiran desain serta teknologi terkini," ujar Sandro Piroddi, supervisor Rapid Technology Ford Eropa.

 

WHAT TO READ NEXT ?