CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 16 Februari 2015 14:57

4 Teknologi kejutan di Ford F-150 terbaru tahun 2015

Inovasi ini dijalankan agar tren positif Ford di pasar mobil Amerika Serikat setahun terakhir belanjut.

4 Teknologi kejutan di Ford F-150 terbaru tahun 2015

Techno.id - Publik Amerika Serikat sudah menentukan pilihannya. Sepanjang tahun 2014, ternyata bukan mobil buatan Chevrolet, Toyota, atau Honda yang paling laris diburu, melainkan Ford. Berdasarkan data yang dihimpun oleh situs pemantau penjualan mobil, GoodCarBadCar, ada 753.851 unit F-Series yang sudah berpindah tangan dari pabrik Ford pada konsumennya. Perolehan tersebut jauh mengungguli Chevolet Silverado yang berada di posisi kedua dengan jumlah unit laku sebanyak 529.755.

Namun, Ford tidak ingin keberhasilan F-Series dalam memuncaki klasemen mobil terlaris di tanah Paman Sam itu musnah dalam waktu dekat. Untuk itu, mereka pun telah menyiapkan beberapa teknologi baru yang siap ditanamkan pada varian terbaru F-Series di tahun 2015. Inilah keempat kejutan yang sudah disiapkan oleh Ford, seperti disadur dari WallSt.CheatSheet (11/11/14):

1. Fitur baru nan canggih untuk membantu pengemudi
Dulu, jika berbicara teknologi canggih di dalam mobil, mungkin Anda bisa mencium aroma diskriminasi yang dihembuskan oleh produsennya. Buktinya, teknologi lebih mudah ditemui pada mobil sedan daripada mobil "pekerja" seperti pickup. Akan tetapi, Ford tidak ingin membiarkan gambaran miring itu berlarut-larut. Dalam F-150, pengemudi akan terbantu dengan rangkaian fitur, misalnya pendeteksi blind-spot, pengontrol laju saat menuruni bukit, dan peringatan khusus jika akan terjadi tabrakan.

2. Mesin EcoBoost yang bisa diajak berlari cepat dan hemat
Kesuksesan Ford dalam memroduksi mesin EcoBoost kini akan dilanjutkan di seri terbaru F-150. Rencananya, F-150 dilengkapi dengan mesin EcoBoost dengan konfigurasi V6 berkapasitas 2,7 liter. Seri terbaru mesin EcoBoost itu berkekuatan 325 tenaga kuda dan bertorsi 375 pound-feet. Mesin tersebut juga didesain dengan bobot yang lebih ringan dan konsumsi yang kian efisien ketimbang jenis EcoBoost sebelumnya.

3. Layar elektronik supaya gampang memantau kondisi mobil
Pengemudi generasi ketiga belas F-Series juga akan dibekali fitur lain yang lazim dijumpai pada mobil canggih, yakni electronic display. Diposisikan di samping kemudi, layar datar seluas 8 inci itu berfungsi untuk menampilkan semua informasi terkait F-150. Teknologi yang oleh Ford dijuluki MyView itu bisa memantai segalanya, mulai dari kondisi bahan bakar sampai tekanan ban.

4. Adanya kamera luar 360 derajat agar Anda tak butuh petugas parkir lagi
Demi menyediakan pengamanan ekstra, Ford membekali F-150 terbaru dengan beberapa variasi kamera eksterior. Tak hanya kamera yang ada di kaca spion, seperti yang sudah ada di kebanyakan mobil, kamera-kamera yang ada di F-150 mengizinkan pengemudi untuk mendapatkan gambaran di luar kendaraan sebesar 360 derajat. Dengan adanya fitur terbaru ini, diharapkan pengemudi bisa terbantu saat sedang memarkirkan dan memosisikan F-150 kesayangannya pada tempat yang sulit.

WHAT TO READ NEXT ?