Jepang mempekerjakan robot penerjemah untuk wisatawan

Jepang mempekerjakan robot penerjemah untuk wisatawan

Techno.id - Jepang mempunyai banyak tempat wisata yang mengagumkan. Jadi tak heran, bila banyak wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung ke negara tersebut. Namun, karena terkendala masalah bahasa sehari-hari, hubungan penduduk Jepang dan wisatawan menjadi kurang harmonis.

Oleh karena itu, Kinki Nippon Tourist mengajak perusahaan teknologi Jepang, FueTrek untuk membuat robot penerjemah yang dapat menjembatani kesenjangan antara penduduk setempat dan wisatawan di Jepang, seperti yang disadur dari Mashable (3/10/15).

Kabarnya, robot penerjemah ini sudah selesai dan siap membantu menerjemahkan beberapa bahasa asing di awal tahun 2016. Lalu, teknologi apa yang menjadikan robot ini dapat menerjemahkan bahasa orang asing? Robot ini didukung dengan software yang bisa menggabungkan pengenalan suara otomatis dan teknologi terjemahan teks-to-speech. Nantinya, robot ini akan dibuat dalam bentuk robot kecil atau wearable gadget.

Tak sedikit penduduk Jepang yang ingin segera merasakan bantuan dari robot tersebut. Namun, beberapa penduduk yang lain justru kurang tertarik dengan keberadaan robot penerjemah ini. Mereka beranggapan bahwa orang Jepang akan lebih menghargai usaha orang asing dalam berkomunikasi dengan bahasa Jepang, daripada diterjemahkan secara instan oleh robot.

(brl/red)