Volvo berencana gantikan 'pasukan kuning' dengan robot

Volvo berencana gantikan 'pasukan kuning' dengan robot

Techno.id - Kelihatannya, beberapa waktu yang akan datang, pasukan kuning atau petugas kebersihan akan segera digantikan dengan robot. Hal ini diketahui dari sebuah wacana Volvo Group yang mengatakan bakal menggunakan mesin pintar untuk membantu masyarakat di berbagai kegiatan, termasuk mengumpulkan sampah, seperti yang dilaporkan oleh Engadget (21/9/15).

Volvo Group saat ini bekerja sama dengan Chalmers University of Technology dan Mlardalen University di Swedia, Penn State University di AS, serta perusahaan daur ulang sampah Renova, untuk mengembangkan sebuah robot yang dapat berinteraksi dengan truk sampah dan pengemudi.

Mereka melakukan serangkaian eksperimen yang dimasukkan ke dalam proyek bernama ROAR. Proyek ROAR ini ditujukan untuk menciptakan robot kebersihan yang tidak berisik dan lebih cepat. Sehingga, warga tidak perlu repot-repot membuang sampah di TPA karena robot ini yang akan mengambil sampah-sampah di rumah.

Sementara ini, proyek ROAR sedang dikerjakan oleh tiga universitas dan perusahaan Renova. Pengerjaannya diperkirakan akan berlangsung hingga bulan Juni 2016.

(brl/red)