Robot canggih dipakai unjuk gigi kekuatan 4G

Robot canggih dipakai unjuk gigi kekuatan 4G

Techno.id - Edukasi pasar soal keuntungan dan optimalisasi teknologi internet yang lebih cepat disebut-sebut merupakan bagian penting dari kehadiran 4G LTE. XL memperlihatkan secara langsung aktivitas futuristik menggunakan teknologi komunikasi generasi keempat tersebut.

Pertama, XL menggelar peluncuran layanan 4G di Surabaya dan Denpasar menggunakan teleconference di jaringan 4G. Komunikasi yang dilakukan lewat teleconference berjalan cukup mulus meski pun sempat mengalami gangguan kecil.

Kemudian XL memberikan kejutan dengan menampilkan robot yang bisa dikendalikan jarak jauh yang juga memanfaatkan koneksi internet cepat. Robot yang bisa berjalan menggunakan roda untuk berjalan itu menghubungkan Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO XL yang berada di Jakarta kepada sang pengendali robot, Desy Sari Dewi, VP XL East Region yang berada di Surabaya.

Gimana bu Desy? Coba ajak Bu Yessie yang juga ada di Surabaya untuk membuktikan kalau robot ini memang benar dikendalikan dari sana, kata Dian mengajak Desy membuktikan kecanggihan robot LTE yang dipakainya mendemonstrasikan kekuatan komunikasi video dan kontrol jarak jauh lewat 4G.

Dian menerangkan bahwa robot tersebut biasanya digunakan oleh tenaga medis untuk berkomunikasi dengan pasiennya. Cara komunikasi itu diklaim telah lazim dilakukan di masyarakat yang berada di negara maju. Mudah-mudahan bisa juga diterapkan di Indonesia nantinya setelah ada 4G dari XL, kata Dian.

Di Surabaya, layanan 4G komersial di 1800 Mhz bisa dijumpai pelanggan di kawasan Gubeng, Manyar, Pakuwon, Margorejo, Tambaksari, Wiyung, Kenjeran, Manukan Kulon hingga Sidoarjo dan rungkut. Di ibukota Jawa Timur itu XL telah menyediakan sekitar 200 BTS LTE.

Sedangkan di Bali, layanan 4G LTE sudah bisa dinikmati di wilayah Kuta, Denpasar, Seminyak, Ubud, Bedugul, Sanur hingga Nusa Dua. Di pulau Dewata, XL telah membangun sekitar 250 BTS 4G LTE.

Robot canggih dipakai unjuk gigi kekuatan 4G

CEO XL, Dian Siswarini berpose dengan robot pintar 2015 Denny Mahardy/ techno.id

(brl/red)