Inilah salah satu kegunaan teknologi robot pada dunia penerbangan

Inilah salah satu kegunaan teknologi robot pada dunia penerbangan

Techno.id - Jika beberapa waktu lalu banyak media membahas tentang robot, maka berita kali ini sedikit berbeda. Dikembangkan dan diterapkan dalam dunia penerbangan, ini adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi robotika.

Seperti yang tekah diberitakan oleh Foxtrot Alpha pada hari Minggu (131/09/15) lalu, sebuah helikopter telah dimodifikasi sedemikian rupa dan mengadaptasi teknologi robot. Apa kegunaannya?

Seperti yang banyak diketahui, helikopter militer sering mendapat kesulitan ketika harus mendarat di geladak kapal induk yang sedang berada di tengah lautan lepas. Hantaman ombak dan angin membuat kapal bergoyang, menyebabkan pilot harus berpikir ratusan kali untuk mendaratkan helikopternya. Itupun masih harus ditambah dengan resiko tergelincir.

Inilah salah satu kegunaan teknologi robot pada dunia penerbangan

Permasalahan inilah yang akhirnya mendapatkan solusi. Salah satu divisi Pentagon yang bernama DARPA bekerja sama dengan Georgia Institute of Technology. Duet ini menghasilkan sesuatu yang sangat berguna bagi dunia penerbangan, khususnya untuk keperluan militer.

Helikopter memang punya kemampuan untuk mendarat di landasan kecil, hanya saja, landasan tersebut haruslah datar. Batasan ini telah ditembus oleh para peneliti tersebut dengan mengganti kaki konvensional yang ada pada helikopter dengan kaki robot.

Selain bisa ditekuk ke atas, kaki baru ini membuat helikopter mampu didaratkan di medan apapun, bahkan jika landasan tersebut memiliki kemiringan yang cukup berbahaya untuk mendarat. Nah daripada Anda penasaran, simak saja 2 video berikut sebagai pembanding.

Video ini menunjukkan helikopter yang kesulitan untuk mendarat di geladak kapal induk yang sedang diterpa ombak besar.

Beginilah helikopter baru yang telah diganti kakinya. Kini, para pilot bisa mendaratkan helikopter di medan apapun.

(brl/red)