Iklan apa yang paling sering muncul di tv selama tahun 2015?

Iklan apa yang paling sering muncul di tv selama tahun 2015?

Techno.id - Paruh tahun pertama tampaknya bukan waktu yang baik bagi industri periklanan televisi di Tanah Air. Pasalnya, setengah tahun 2015 yang telah dilewati hanya mampu memberikan angka 25 persen dari jumlah pendapatan tahunan di 2014 yang dicatatkan asosiasi periklanan, P3I.

Data riset Adstensity, sebuah modul platform riset yang dikembangkan oleh PT. Sigi Kaca Pariwara mencatat raihan belanja iklan semester pertama 2015 sebesar Rp 32,919 triliun yang dihasilkan 13 stasiun tv nasional. Berdasarkan data asosiasi periklanan P3I, jumlah itu terlihat sangat jauh dari angka pendapatan belanja iklan di tahun 2014 yang mencapai Rp 140 triliun.

Secara detil platform Adstensity menjabarkan kondisi merek dan kategori apa saja yang menggelontorkan uangnya untuk meningkatkan citra di tengah masyarakat Indonesia melalui tayangan iklan televisi.

Dari sisi ads spending brand, sepanjang semester I 2015 ini menunjukkan gejala yang sangat dinamis. Pada Januari, brand Royco tercatat melakukan belanja iklan terbesar hingga Rp 93,755 miliar. Bulan berikutnya, Februari, giliran Dji Sam Soe yang paling besar belanja iklannya yakni mencapai Rp 92 miliar.

Di bulan Maret beda lagi, Sampoerna tercatat paling "boros" belanja iklannya hingga Rp 137,205 miliar. Di bulan April belanja iklan Sampoerna menurun tipis tapi masih paling tinggi dengan angka menembus Rp 136,147 miliar. Bulan Mei, giliran Djarum Super yang paling tinggi, sebesar Rp 178,513 miliar. Menjelang dan memasuki minggu kedua Ramadan (Juni 2015), Marjan menorehkan belanja iklan tertinggi dengan nilai menembus Rp 235,729 miliar.

Lalu iklan apa yang paling banyak muncul di televisi? Data Adstensity menunjukkan bahwa di semester I 2015 brand-brand yang memiliki jumlah tayang terbanyak selalu berubah. Sebagai contoh, di bulan Januari jumlah spot (iklan tayang) Royco Ayam mencapai 2103 kali. Di bulan Februari giliran Indomie Soto dengan penayangan iklan mencapai 2322 kali.

Masuk bulan Maret dan April Indomie Rasa Soto Spesial yang menjadi brand dengan jumlah tayang terbanyak menembus angka 2600-2700 kali tayang. Di bulan Mei gantian Traveloka yang jumlah tayang iklannya mencapai 3240 kali. Di bulan Juni giliran Marjan Melon yang tampil sebanyak 4882 kali. Ini bisa ditebak karena akhir semester pertama adalah berbarengan dengan Ramadan.

Sekedar informasi, riset belanja iklan televisi yang menggunakan Adstensity merekam kinerja iklan di 13 stasiun TV nasional (TVRI, RCTI, SCTV, MNC TV, Indosiar, Global TV, Trans TV, Trans 7, ANTV, TV One, Metro TV, Kompas TV, dan Net TV). Iklan yang direkam adalah iklan-iklan tvc dan tidak termasuk running text dan flash ad.

(brl/red)