Waspada, terlalu provoaktif di dunia maya cirikan seorang psikopat!

Waspada, terlalu provoaktif di dunia maya cirikan seorang psikopat!

Techno.id - Pernahkah Anda melihat sebuah komentar negatif maupun komentar provoaktif di kolom jejaring sosial? Nah, orang-orang yang sering menabur perselisihan dengan melontarkan komentar provoaktif dan negatif di kolom jejaring sosial tersebut biasa dikenal sebagai Troll.

Menurut studi yang dilakukan oleh tiga psikolog asal Kanada, Erin Buckels, Paul Trapnell, dan Delroy Paulhus, seorang Troll atau orang yang gemar melontarkan argumen menjengkelkan di dunia maya, cenderung menunjukkan tanda-tanda sebagai seorang psikopat, sadisme, dan machiavellianism. Seperti dikutip dari Time, seorang Troll yang diduga mengidap ketiga gangguan mental tersebut akan mempunyai kesempatan lebih banyak memiliki ciri kepribadian "Dark Tread". Orang dengan kepribadian tersebut cenderung akan menjadi individu dengan tipikal karakter yang sadis dan emosional serta licik terlebih saat berada di dunia maya.

Buckels dan kedua peneliti lainnya menyakini faktor anonimitas di dunia maya menyebabkan orang bisa berubah menjadi sadis, emosional maupun licik. Faktor anonimitas yang berkembang di dunia maya membuat "efek rasa malu secara online" saat memperlakukan pengguna internet lainnya menjadi hilang. Orang akan cenderung semena-mena berkomentar tanpa memedulikan apakah struktur kalimat yang digunakan kurang berkenan dan dapat menyebabkan perselisihan di dunia maya.

Kendati demikian, Buckels dan kedua peneliti lainnya mengungkapkan tidak semua orang yang cukup aktif melakukan aktivitas komentar di dunia maya bisa dikategorikan sebagai seorang psikopat, sadisme, maupun machiavellianism, karena aktivitas online lainnya seperti chatting dan berdebat tidak berhubungan dengan sadisme.

(brl/red)