Hari ini, pemerintah resmi buka Festival Robot siswa Madrasah

Hari ini, pemerintah resmi buka Festival Robot siswa Madrasah

Techno.id - Hari ini, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama resmi membuka Festival Robot di Cilandak Town Square, Jakarta. Festival ini, diperuntukkan khusus bagi siswa Madrasah dari tiga tingkat dan akan digelar selama dua hari.

Direktur Pendidikan Madrasah Kementerian Agama M Nur Kholis Setiawan mengatakan, festival ini adalah yang pertama kalinya digelar. Ia pun berharap, semangat belajar siswa Madrasah dapat terpacu khususnya di bidang teknologi, robotika, dan otomasi.

"Tercapainya kondisi tersebut di lingkungan pendidikan Madrasah dapat memacu siswa dalam meraih prestasi belajar, kreatif, inovatif, dan menghasilkan penemuan teknologi baru yang membanggakan," ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan jika festival saat ini tengah diikuti oleh 40 tim. 20 di antaranya berasal dari Madrasah Aliyah (SMA), 13 di antaranya dari Madrasah Tsanawiyah (SMP), dan tujuh sisanya dari Madrasah Ibtidaiyah (SD).

Ke depannya, Nur Kholis berharap agar festival serupa dapat mulai diselenggarakan di tingkat provinsi hingga kabupaten/ kota. Sehingga, lomba di tingkat nasional benar-benar dapat menyaring siswa terbaik dari tingkat provinsi.

(brl/red)