Demi keamanan, Facebook berikan peringatan sebelum share foto anak

Demi keamanan, Facebook berikan peringatan sebelum share foto anak

Techno.id - Keamanan dalam menggunakan media sosial harus selalu diperhatikan. Bila lengah dengan hal seperti ini, maka kejadian buruk bisa saja menimpa Anda. Untuk itu, demi melindungi penggunanya, Facebook menghadirkan fitur terbaru yang dapat memperingatkan orang tua ketika mereka hendak berbagai foto anak-anaknya.

Fitur ini nampaknya memang ditujukan untuk keselamatan keluarga, khususnya anak-anak. Selain itu, dengan fitur ini Facebook juga ingin menyadarkan para orang tua yang hobi mengumbar kebahagiaan keluarga di jejaring sosial. Pasalnya, pengguna yang sering membagikan foto anak-anaknya akan lebih rentan terkena kasus kejahatan (penculikan).

Adanya pembaruan fitur ini diumumkan sendiri oleh Wakil Presiden Teknisi Facebook, Jay Parikh saat berbincang -bincang dengan salah satu media. Menurut Parikh, nantinya sebelum pengguna membagikan foto-foto anaknya, maka mereka akan diberikan pertanyaan yang intinya menanyakan apakah mereka benar-benar akan membagikan foto tersebut.

"Jika saya akan mengunggah foto anak-anak saya saat bermain di taman dan membagikannya ke publik, maka sistem tersebut bakal mengatakan: Hei tunggu dulu, ini adalah foto dari anak-anak Anda, biasanya Anda hanya akan memposting foto ini untuk keluarga Anda, apakah Anda yakin ingin melakukan ini?," kata Parikh, seperti yang dilaporkan oleh SlashGear (13/11/2015).

Fitur peringatan ini bukanlah satu-satunya fitur yang dimiliki Facebook dari hasil kerja artificial intelligence (AI). Facebook sebelumnya juga memiliki beberapa fitur yang menggunakan teknologi AI, seperti pemindai wajah lewat kamera smartphone dan perangkat teleportasi.

(brl/red)