CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 27 Oktober 2015 06:00

Jawab pertanyaan aneh pengguna, Google pakai RankBrain

RankBrain diperkirakan dapat menjawab 15 persen dari total pertanyaan yang masuk ke algoritma Google Search setiap detiknya.

Jawab pertanyaan aneh pengguna, Google pakai RankBrain

Techno.id - Coba Anda bayangkan berapa jumlah pertanyaan aneh nan ambigu yang diajukan setiap orang ke layanan Google Search di seluruh dunia? Jika dikalkulasikan mungkin setiap detiknya ada jutaan pertanyaan aneh yang ditujukan pengguna terhadap Google Search.

Nah, untuk menjawab pertanyaan aneh pengguna ke layanannya, beberapa bulan terakhir ini raksasa Mountain View tersebut kabarnya melibatkan sebuah artificial intelligence yang dijuluki RankBrain. Seperti dilansir oleh Bloomberg (26/10/15), RankBrain diperkirakan dapat menjawab 15 persen dari total pertanyaan yang masuk ke algoritma Google Search setiap detiknya.

Greg Corrado, ilmuwan senior di Google mengatakan jika capaian luar biasa RankBrain tak luput dari sistem algoritma canggih yang dibenamkan ke dalamnya. Menurut Corrado, setiap RankBrain bekerja maka AI tersebut bakal mentransfer bahasa tertulis menjadi entitas matematika. RankBrain dikabarkan bakal menebak kata-kata dan frasa yang mirip sehingga mempermudah pencarian sebuah kata kunci di Google Search, termasuk pertanyaan aneh seperti "Siapakah yang menduduki puncak tertinggi dari rantai makanan?" dan lain sebagainya.

Sayangnya, pihak Google mengungkapkan bahwa sebelum digunakan secara luas pada layanannya, RankBrain akan menjalani uji dan perbaikan lagi supaya lebih layak digunakan untuk mendukung kinerja Google Search.

WHAT TO READ NEXT ?