CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 4 November 2015 15:00

Terinspirasi Go, Facebook ingin buat AI yang mirip otak manusia

Go dipilih sebagai inspirasi proyek Facebook kali ini karena permainan tradisional tersebut memiliki pola permainan yang cukup unik dan rumit.

Terinspirasi Go, Facebook ingin buat AI yang mirip otak manusia

Techno.id - Facebook kabarnya kini tengah tertarik mengembangkan pelbagai kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Nah, salah satu AI yang kini tengah dikembangkan oleh raksasa media sosial dunia tersebut kabarnya terinspirasi dari permainan catur ala Tiongkok, Go.

Ya, seperti dilansir oleh TheVerge (3/11/15), Go dipilih sebagai inspirasi proyek Facebook kali ini karena permainan tradisional tersebut memiliki pola permainan yang cukup unik dan rumit. Menurut Mike Schroepfer, Chief Technology Officer (CTO) Facebook, Go membantu pihaknya menciptakan kecerdasan buatan yang diklaim bakal menyamai kapasitas otak manusia.

Schroepfer menjelaskan bahwa permainan Go mengandalkan pola permainan visual yang membuat otak memahami sebuah konfigurasi dengan cara yang intuitif. Pola seperti ini diakui akan memudahkan pihak Facebook merancang algoritma pengenalan visual sehingga memungkinkan AI di masa depan bisa mempunyai pola pemikiran seperti yang dimiliki manusia.

Selain mengembangkan kecerdasan buatan yang terinspirasi dari permainan Go, Facebook kini juga tengah merancang website untuk membantu orang yang menderita gangguan visual mengolah dan mengidentifikasi bahasa tulisan menjadi bahasa lisan melalui bantuan AI. Tak hanya itu, Facebook juga sedang mengembangkan asisten virtualnya, M yang diklaim dapat menganalisa dan mempelajari permintaan pengguna serta membuat prediksi informasi tentang apa yang akan terjadi.

WHAT TO READ NEXT ?