Hari ini, domain .com telah menginjak usia 30 tahun

Hari ini, domain .com telah menginjak usia 30 tahun

Techno.id - Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1985, tanpa disadari nama domain .com kini akhirnya telah menginjak usia yang ke-30 tahun. Selama ini, nama domain ini telah membantu manusia untuk menemukan dan mengingat situs lebih mudah.

Tak hanya itu, nama domain juga telah mengubah cara manusia dalam menggunakan layanan website. Yang awalnya hanya digunakan untuk tujuan berbagi informasi, kini website juga digunakan sebagai media untuk mencari penghasilan.

Semakin mudah nama domain diingat, semakin berharga pula nama domain tersebut. Setidaknya itulah hukum yang berlaku di dunia World Wide Web. Dalam blog resminya (17/03/15), Google mengatakan bahwa beberapa orang bahkan bersedia membayar jutaan dolar untuk satu nama domain yang sempurna.

Saat ini sudah ada sekitar 270 juta nama domain yang telah terdaftar dan berasal dari seluruh dunia. Jumlah tersebut diperkirakan masih akan terus meningkat mengingat tahun 2014 lalu, sekitar 17 juta domain telah ditambahkan.

Di usia yang ke-30 ini pula, semakin memperjelas bahwa nama domain adalah hal penting yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu ketika hendak memutuskan untuk membuat sebuah situs.

(brl/red)