Hendak bangun BCN, pemerintah didukung banyak pihak

Hendak bangun BCN, pemerintah didukung banyak pihak

Techno.id - Meningkatnya kejahatan di dunia maya, membuat pemerintah berencana untuk membentuk Badan Cyber Nasional atau BCN. BCN dibentuk guna meningkatkan ketahanan nasional terhadap kejahatan berbasis teknologi internet.

Dikutip dari Antara (10/4/15), banyak pihak mendukung langkah pemerintah ini. Salah satunya adalah Laras atau Lembaga Rakyat Sentosa. LSM ini yakin pembentukan BCN bisa dijadikan acuan dalam mengatasi masalah cyber yang sampai saat ini belum mempunyai mekanisme jelas, sehingga masalah seperti yang terjadi dalam kebijakan pemblokiran puluhan media online beberapa waktu lalu tidak perlu lagi terjadi.

Ketua LSM Laras, Abid Alimuddin Lidda berpendapat bahwa pembentukan BCN akan memudahkan pemerintah dalam mendeteksi kejahatan dunia maya, sehingga pemerintah dapat melakukan pencegahan terhadap kejahatan yang akan terjadi. Ia juga mengatakan, pembentukan BCN sangat diperlukan saat ini, karena hampir semua negara maju telah memiliki badan yang mengelola cyber untuk menangkal atau mencegah kejahatan agar negaranya semakin berkembang dengan baik.

"BCN akan dapat melindungi data perbankan, listrik, data kependudukan, serta data harus dilindungi oleh negara. Sebab apabila ada kebocoran oleh negara itu bisa menjadi kekacauan sosial, politik. Jadi, pemerintah harus bisa melakukan pencegahan dengan membentuk BCN tersebut," katanya.

Abid pun mengharapkan bahwa nantinya BCN bisa berdiri sebagai lembaga yang independen, supaya kinerjanya dapat lebih baik tanpa campur tangan pihak mana pun.

(brl/red)