Sekarang kamu bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah di Google tanpa menambahkan nomor telepon

Sekarang kamu bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah di Google tanpa menambahkan nomor telepon

Techno.id - Google sedang menyederhanakan proses pengaturan verifikasi 2 langkah (2SV) untuk akun pengguna. Artinya sekarang pengguna dapat mengaktifkan 2SV tanpa menambahkan nomor telepon.

Sebelum perubahan ini, Google mewajibkan pengguna memberikan nomor telepon mereka, sebelum dapat menyiapkan metode 2SV. Sekarang, saat kamu membuka pengaturan akun dan mendaftar ke metode verifikasi, kamu dapat melewati nomor telepon jika ingin menggunakan salah satu metode lainnya.

Meskipun Google menyoroti fakta bahwa perubahan ini akan membantu admin menerapkan kebijakan 2SV di organisasi mereka, ini merupakan langkah yang disambut baik semua pengguna. Sebab mengandalkan nomor telepon bukanlah pilihan yang aman, karena kode sandi satu kali (OTP) berbasis SMS dapat diperoleh peretas, jika perangkat pengguna dicuri.

Karena itu Google tidak lagi mengharuskan pengguna menambahkan nomor telepon sebelum menyiapkan verifikasi 2 langkah. Google memungkinkan pengguna memilih di antara tiga opsi untuk menyiapkan verifikasi 2 langkah.

Pengguna dapat memilih untuk menggunakan aplikasi autentikator seperti Google Authenticator atau Microsoft Authenticator. disarankan mencari alternatif sumber terbuka seperti Aegis Authenticator untuk Android, atau 2FA (Android, iOS) atau Ente Auth (Android, iOS).

Sekarang kamu bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah di Google tanpa menambahkan nomor telepon foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Secara opsional, pengguna juga dapat menggunakan kunci keamanan perangkat keras seperti YubiKey untuk melindungi akun Google mereka. Google mengatakan bahwa kunci tersebut akan didaftarkan sebagai kredensial FIDO1 meskipun kuncinya berkemampuan FIDO2.

Di sisi lain, pengguna dapat membuat kunci sandi untuk akun Google mereka, dan ini akan mendaftarkannya sebagai kredensial FIDO2. Kunci sandi akan mengharuskan pengguna memasukkan PIN kunci mereka untuk verifikasi lokal.

Sebagai catatan tambahan, Microsoft baru-baru ini menambahkan dukungan Kunci Sandi untuk semua akun pengguna. WhatsApp Messenger juga memperkenalkan Kunci Sandi untuk memungkinkan pengguna masuk kembali ke akun mereka dengan aman.

Pengelola Kata Sandi Bitwarden sekarang mendukung kunci sandi di Android dan iOS. Jelas bahwa kunci sandi dengan cepat meningkat popularitasnya. Faktanya, Google baru-baru ini mengungkapkan bahwa penggunanya telah memakai kunci sandi untuk otentikasi lebih dari 1 miliar kali di lebih dari 400 juta akun dalam waktu kurang dari setahun.

Bagian terbaiknya adalah proses verifikasi 2 langkah yang baru tidak eksklusif untuk pelanggan Google Workspace, tetapi tersedia untuk semua pengguna termasuk akun pribadi. Perubahan tersebut akan diterapkan dalam beberapa hari ke depan. Jika kamu belum melakukannya, maka dapat mengaktifkan verifikasi 2 langkah untuk Akun Google dari halaman keamanan Akun kamu. Mengaktifkan 2SV akan melindungi akun kamu dari peretasan, meskipun kata sandi kamu bocor.

(brl/red)