Jangan buru-buru memuseumkan laptop lawas kamu yang mulai lemot, sulap jadi Chromebook secara gratis

Jangan buru-buru memuseumkan laptop lawas kamu yang mulai lemot, sulap jadi Chromebook secara gratis

Techno.id - Jika memiliki laptop atau MacBook yang sudah tua dan kamu menyadari bahwa laptop tersebut menjadi sangat lambat, sebaiknya jangan dipensiunkan. Ada cara gratis dan sederhana untuk menyulap laptop tersebut seperti baru lagi.

Buang OS Windows atau macOS dan instal ChromeOS Flex dari Google. Dengan cara ini, laptop yang sudah berusia satu dekade pun bisa terasa seperti baru lagi. Kok bisa begitu?

Maklum, ChromeOS Flex memiliki persyaratan sistem yang sangat sederhana. Artinya, laptop murah yang dibeli bertahun-tahun lalu pun akan terasa lancar dan responsif.

Di samping itu, menginstal ChromeOS Flex juga cukup mudah. Kamu dapat menyimpan instalasi, program, dan file Windows atau Mac asli jika ingin mencobanya terlebih dahulu. Jika kamu tidak menyukainya, cukup beralih kembali ke Windows atau macOS tersebut.

Menariknya, ChromeOS Flex benar-benar gratis, berfungsi di sebagian besar laptop yang dibuat setelah tahun 2010. Yang kamu butuhkan hanyalah flash drive USB berukuran 8GB atau lebih besar.

Memahami ChromeOS Flex

Jangan buru-buru memuseumkan laptop lawas kamu yang mulai lemot, sulap jadi Chromebook secara gratis foto: freepik/frolopiaton-palm

Sebelum mulai, penting untuk memahami apa itu Chrome OS Flex. Ini adalah sistem operasi berbasis browser, mirip dengan yang akan kamu temukan di Chromebook standar mana pun. Artinya, kamu hanya butuh akses ke internet dan aplikasi berbasis browser. Jika senang menggunakan layanan online seperti Gmail dan Google Documents atau Outlook dan layanan streaming video dan audio Microsoft 365 plus, maka Chrome OS Flex cocok untuk kamu.

Namun yang tidak dapat kamu lakukan adalah menginstal aplikasi ke laptop. Sebab tidak ada dukungan resmi Google Play Store karena inti dari ChromeOS Flex adalah membuatnya sederhana dan mudah dijalankan.

Hanya karena berbasis browser bukan berarti laptop kamu tidak akan dapat digunakan jika tidak online, karena sebagian besar ekstensi berbasis browser untuk menggunakan Google Documents memiliki mode offline. Sebaiknya periksa aplikasi spesifik kamu, karena beberapa tidak dapat berfungsi secara offline, seperti Microsoft 365.

Cara memasang ChromeOS Flex di laptop

Jangan buru-buru memuseumkan laptop lawas kamu yang mulai lemot, sulap jadi Chromebook secara gratis foto: chromeos.google

Untuk memulainya, kamu harus membuat penginstal USB menggunakan flash drive USB berukuran 8GB atau lebih besar lalu ikuti langkah-langkah berikut.

1. Di komputer, gunakan browser Google Chrome untuk mengakses Toko Web Chrome dengan mengeklik ikon ekstensi di sebelah kanan bilah alamat di bagian atas.

2. Instal ekstensi Utilitas Pemulihan Chromebook.

3. Hubungkan USB flash drive kamu dan kemudian jalankan ekstensi dengan mengklik ikon ekstensi lagi dan memilih ekstensi di daftar tarik-turun.

4. Setelah membuka Utilitas Pemulihan Chrome, pilih ChromeOS Flex dikedua menu tarik-turun. Ini adalah versi yang perlu kamu instal di laptop. Sekaranglah waktunya untuk mencadangkan data apa pun yang kamu perlukan di flash drive USB juga, karena proses ini akan menghapusnya.

5. Penting untuk memeriksa apakah kamu menginstal ChromeOS Flex ke drive yang benar. Program ini menunjukkan merek, model, dan kapasitas drive, jadi pastikan itu cocok dengan USB flash drive kamu. Misalnya, jika kamu memiliki flash drive USB Samsung 16GB, pastikan itu yang kamu pilih untuk mem-flash ChromeOS Flex, jika tidak, kamu dapat menghapus hard drive komputer.

6. Setelah memilih drive, utilitas akan mulai mem-flash file yang diperlukan ke dalamnya. Prosesnya akan memakan waktu beberapa saat setelah dimulai.

7. Setelah selesai, biarkan USB flash drive kamu terhubung dan mulai ulang PC.

(brl/red)