7 Tanda yang menandakan bahwa sudah saatnya kamu membutuhkan laptop baru

7 Tanda yang menandakan bahwa sudah saatnya kamu membutuhkan laptop baru

Techno.id - Saat pertama kali membuka kotak laptop, perangkat akan beroperasi pada kinerja puncak, masa pakai baterai juga pasti lebih lama. Laptop tidak akan mengalami panas berlebih dan penggunaan sumber daya juga efisien.

Namun, seiring bertambahnya usia, laptop akan mengalami masalah. Mulai dari performa dan daya tahan baterai yang menurun, atau sering mengalami panas berlebih. Berikut beberapa tanda yang menunjukkan bahwa mungkin sudah waktunya kamu mulai mencari dan berinvestasi pada perangkat baru.

1. Performa menurun

7 Tanda yang menandakan bahwa sudah saatnya kamu membutuhkan laptop baru foto: freepik/khosrork

Jika performa mulai melambat atau sudah lagi tidak bisa diandalkan untuk mengerjakan beberapa tugas sederhana, itu pertanda jelas bahwa sudah waktunya untuk mulai mencari yang baru. Ini bisa menjadi bukti jika tugas yang dulunya ditangani dengan lancar sekarang menyebabkan kinerja yang terlalu panas dan lamban. Jika performa laptop menjadi masalah, mungkin sudah waktunya untuk memperbaruinya.

2. Tidak lagi mendukung pembaruan perangkat lunak

7 Tanda yang menandakan bahwa sudah saatnya kamu membutuhkan laptop baru foto: freepik/frolopiaton-palm

Sebagian besar laptop mendukung peningkatan perangkat lunak baru selama beberapa tahun. Misalnya, untuk menginstal Windows 11, laptop harus memiliki kemampuan Boot Aman dan dilengkapi dengan Trusted Platform Module (TPM), di antara persyaratan lainnya.

Bahkan dengan solusi yang tersedia untuk menginstal Windows 11 pada PC yang tidak didukung, kamu kemungkinan besar akan menemukan bug dan masalah saat menjalankan Windows 11 pada sistem seperti itu.

Demikian pula, Mac dari tahun 2016 dan yang lebih lama tidak dapat menjalankan Sonoma macOS 14 terbaru. Untuk menjalankannya, kamu memerlukan MacBook Air, MacBook Pro, atau Mac Mini dari tahun 2018 atau yang lebih baru. Jika laptop kamu tidak lagi mendukung rilis pemutakhiran perangkat lunak baru, dan kamu membutuhkan pembaruan perangkat, pertimbangkan untuk membeli laptop baru.

3. Sering mengalami panas berlebih

7 Tanda yang menandakan bahwa sudah saatnya kamu membutuhkan laptop baru foto: freepik/zenartix

Seiring waktu, pembaruan perangkat lunak cenderung membebani laptop. Versi perangkat lunak yang lebih baru seringkali membutuhkan lebih banyak daya pemrosesan dan memori, yang dapat membebani perangkat keras yang lebih lama.

Masalah ini dapat menyebabkan panas berlebih, terutama jika sistem pendingin laptop tidak dirancang untuk mendinginkan sistem secara terus-menerus saat berada di bawah beban maksimum.

Panas berlebih juga dapat disebabkan berbagai faktor menumpuknya debu, sehingga menghalangi aliran udara. Membersihkan ventilasi secara teratur dan mengambil tindakan lain yang disarankan dapat mengurangi masalah ini. Namun, jika panas berlebih terus berlanjut, terutama saat menjalankan perangkat lunak tertentu, ini menunjukkan bahwa perangkat keras tidak dapat menangani permintaan perangkat lunak.

Memutakhirkan komponen seperti RAM dan penyimpanan dapat menjadi solusi sementara, tetapi jika sistem sudah tua, mengganti laptop mungkin lebih praktis dalam jangka panjang.

4. Gangguan grafis dan suara kipas mulai bising

7 Tanda yang menandakan bahwa sudah saatnya kamu membutuhkan laptop baru foto: freepik

Anomali visual seperti layar berkedip, muncul warna aneh, distorsi, suara GPU yang aneh, seringnya crash, dan tanda peringatan lainnya menunjukkan bahwa GPU mungkin kesulitan untuk merender grafik dengan benar. Masalah ini menjadi lebih terlihat seiring bertambahnya usia GPU atau mengalami gangguan perangkat keras.

Saat melihat tanda-tanda ini, kamu harus terlebih dahulu memastikan bahwa ventilasi pembuangan bersih, kipas GPU berputar dengan benar. Jika tidak ditemukan penyebab yang jelas, periksa kompatibilitas GPU dengan komponen sistem lain, seperti motherboard, RAM, dan komponen lainnya. Jarang, pembaruan driver dapat menimbulkan masalah baru.

Jika komponen lain menghambat kinerja GPU dan memperbaiki masalah grafik memerlukan penggantian beberapa bagian, biasanya lebih praktis untuk berinvestasi pada perangkat baru.

Demikian pula, jika laptop Anda tidak memiliki GPU khusus, tetapi kamu perlu menjalankan perangkat lunak intensif grafis yang memerlukan daya tambahan, satu-satunya pilihan mungkin adalah membeli laptop yang dilengkapi dengan GPU yang kuat.

(brl/red)