4 Cara mengakses GPT-4 secara gratis, mulai dari Microsoft Copilot hingga Hungging Face

4 Cara mengakses GPT-4 secara gratis, mulai dari Microsoft Copilot hingga Hungging Face

Techno.id -

Model AI OpenAI GPT-4 sangat popular digunakan untuk berbagai kebutuhan dengan memanfaatkan platform bertenaga kecerdasan buatan. Maklum saat ini GPT-4 adalah salah satu model bahasa besar (LMS) yang dianggap paling mumpuni.

Namun biasanya untuk mengakses GPT-4, kamu harus berlangganan USD20 atau sekitar Rp321 ribu per bulan agar bisa mengakses ChatGPT Plus. Tetapi bagaimana jika kamu ingin menggunakannya secara gratis? Begini caranya.

1. Gunakan Microsoft Copilot

4 Cara mengakses GPT-4 secara gratis, mulai dari Microsoft Copilot hingga Hungging Face foto: microsoftcopilot

Microsoft adalah salah satu perusahaan pertama yang bekerja secara langsung dengan OpenAI, menginvestasikan miliaran dolar ke dalam perusahaan dan penelitian AI-nya. Karenanya, Obrolan Bing Microsoft Edge menjadi salah satu cara pertama untuk menggunakan GPT-4 secara gratis. Alat ini memungkinkan kamu membuat hingga 300 obrolan per hari, dengan setiap Obrolan Bing dibatasi hingga 30 putaran pertanyaan.

Kemudian, pada 1 Desember 2023, Microsoft mengubah nama Bing Chat menjadi Copilot, menghapus batas 300 obrolan per hari dan meluncurkan dukungan Copilot di banyak layanan Microsoft lainnya.

Copilot juga memiliki keuntungan lain. Kamu dapat menggunakan alat teks-ke-gambar berbasis DALL-E 3 OpenAI secara gratis, memungkinkan kamu membuat gambar asli yang sangat detail dengan input teks. Copilot Image Creator bekerja mirip dengan alat OpenAI, dengan sedikit perbedaan di antara keduanya. Namun, kamu dapat menggunakannya untuk membuat gambar AI yang unik hampir secara instan.

Jika kamu ingin menggunakan GPT-4 secara gratis, Microsoft Copilot benar-benar salah satu opsi terbaik. Langganan ChatGPT Plus masih merupakan pilihan terbaik secara keseluruhan karena rangkaian fiturnya yang luas, tetapi jika kamu hanya memiliki beberapa pertanyaan yang ingin dijawab, Copilot adalah pilihan terbaik berikutnya.

2. Perplexity

4 Cara mengakses GPT-4 secara gratis, mulai dari Microsoft Copilot hingga Hungging Face foto: perplexity.ai

Perplexity.ai adalah alat AI yang sangat menjanjikan dengan opsi untuk menggunakan GPT-4 secara gratis. Meskipun Perplexity versi gratis tidak secara khusus menyatakan bahwa kamu menggunakan GPT-4, namun dengan mengaktifkan mode Copilot akan memberi kamu akses ke GPT-4, meskipun terbatas pada lima pertanyaan setiap empat jam.

Secara keseluruhan, alat ini bukan pilihan yang buruk. Jika OpenAI mendorong untuk menciptakan kecerdasan umum buatan, Perplexity.ai tampaknya mendorong penelusuran internet dengan mengandalkan AI. Alat ini merupakan pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan pengalaman penelusuran dengan daya turbo.

Memutakhirkan ke Perplexity.ai Pro akan dikenakan biaya USD20 atau sekitar Rp321 ribu per bulan (sama dengan langganan ChatGPT Plus). Dengan berlangganan kamu dapat mengajukan lebih dari 300 pertanyaan yang didukung Copilot, menggunakan model Claude 3 Anthropic, dan mengunggah file sebanyak yang kamu mau.

3. Merlin

4 Cara mengakses GPT-4 secara gratis, mulai dari Microsoft Copilot hingga Hungging Face foto: getmerlin.ai

Merlin adalah ekstensi browser Chrome praktis yang menyediakan akses GPT-4 secara gratis, meskipun terbatas pada jumlah kueri harian tertentu. Yang membuat Merlin menjadi cara yang bagus untuk menggunakan GPT-4 secara gratis adalah permintaannya.

Sebagai pengguna Gratis Merlin, kamu menerima 102 permintaan per hari. Setiap permintaan GPT-4 yang dibuat akan membuat kamu mengembalikan 30 permintaan, memberi kamu sekitar tiga pertanyaan GPT-4 gratis per hari. Merlin juga memiliki opsi untuk mengakses web untuk permintaan.

Namun, permintaan GPT-3.5 jauh lebih murah, dengan satu permintaan per pertanyaan, dan kamu juga dapat mengintegrasikan Merlin ke akun media sosial jika diperlukan.

4. Hugging Face

4 Cara mengakses GPT-4 secara gratis, mulai dari Microsoft Copilot hingga Hungging Face foto: huggingface

Hugging Face adalah situs web pembelajaran mesin dan pengembangan AI sumber terbuka (Open Source) tempat ribuan pengembang berkolaborasi dan membuat alat. Beberapa Hugging Face Spaces mengklaim memberikan akses ke GPT-4, tetapi membutuhkan waktu terlalu lama untuk menjawab pertanyaan. Selain itu alat ini juga sangat dibatasi oleh sedikitnya daya pemrosesan yang tersedia untuk akun Hugging Face free, sehingga kurang layak digunakan.

(brl/red)