Google putuskan berhenti iklankan 'download this app'

Google putuskan berhenti iklankan 'download this app'

Techno.id - Seberapa seringkah Anda dihadapkan dengan sebuah iklan yang intinya mengundang Anda untuk mengunduh aplikasi terkait? Ya, sebagian besar pengguna smartphone pasti tidak akan menyukai iklan bertajuk 'download this app'.

Jawaban tersebut dibuktikan dalam survei internal yang baru saja dilakukan oleh raksasa internet Google. Tujuh dari 10 peserta survei itu mengungkap, iklan yang bersifat undangan akan langsung ditinggalkan oleh para penggunanya.

"Iklan ini (undangan) ibarat seperti 'pintu sedang dibanting'," ujar Jennifer Gove, seorang peneliti iklan Google sebagaimana dikutip dari Mashable (28/07/2015).

Atas dasar tersebut, Google kini memutuskan untuk menghapus iklan undangan yang bersifat 'memaksa' tersebut di beberapa layanannya. Google pun tak lupa menyerukan agar seluruh web mobile lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Sayangnya, data penelitian yang dilakukan bulan Juli tahun lalu tersebut masih cukup sempit. Kala itu, survei penelitian Google hanya tertuju pada situs media sosial miliknya, Google Plus (Google+).

Menariknya, hasil survei itu juga membuktikan bahwa sebesar sembilan persen pengguna ternyata mengunjungi iklan (undangan) tersebut. Dengan kata lain, angka sembilan persen dianggap sebagai sebuah nilai klik yang tidak terlalu buruk bagi standar iklan online.

(brl/red)